JAKARTA – Setelah rempah-rempah seperti jahe dan temulawak, kini giliran teh yang disebut dapat mencegah infeksi virus corona. Beredar kabar bahwa meminum teh setiap hari dapat mencegah COVID-19.

Benarkah khasiat minum teh dapat mencegah virus corona?

Kabar meminum teh dapat mencegah virus corona berawal dari artikel penelitian yang menyatakan kandungan polifenol dalam teh dapat membunuh virus. Namun, seperti dikutip dari China Daily, artikel itu sudah dihapus karena belum terbukti.

Hasil penelitian awal itu tidak memiliki cukup bukti untuk menyimpulkan meminum teh dapat mencegah infeksi virus corona.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, ahli gizi Profesor Saptawati Bardasono menjelaskan, teh mengandung fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang dapat menangkal radikal bebas sumber penyakit dan kerusakan pada organ.

“Teh dan berbagai tanaman rempah memang meggandung fitokimia yang berperan sebagang antioksidan untuk melindungi tanaman tersebut dari kerusakan. Bila dikonsumsi manusia, maka manusia juga akan mendapatkan manfaat yang sama tentunya,” kata Saptawati kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/3).

Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan meminum teh dapat secara langsung mencegah virus corona. Virus ini masih tergolong baru dan para ilmuwan di seluruh dunia masih melakukan penelitian mengenai virus, pengobatan, serta antivirus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, hingga saat ini belum ada antivirus dan obat yang dapat menyembuhkan infeksi virus corona. Sedangkan pencegahan yang dapat dilakukan adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sama seperti tanaman rempah lainnya, teh dapat diminum untuk meningkatkan antioksidan maupun daya tahan tubuh untuk membantu melawan virus corona.

Dikutip dari Healthline, khasiat teh yang sudah terbukti adalah dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia