JAKARTA – Liverpool disebut punya skuat dengan nilai termahal di dunia saat ini seiring dengan prestasi yang mereka torehkan dalam dua tahun terakhir.

Peningkatan kualitas yang dialami oleh Liverpool sejak era Jurgen Klopp turut mengangkat harga para pemain di ‘The Reds’.

Menurut laporan CIES Football Observatory, dikutip dari Daily Mail, skuat Liverpool saat ini bernilai 1,27 miliar poundsterling alias Rp23,3 Triliun.

Posisi kedua ditempati oleh Manchester City yang punya skuat senilai 1,24 miliar poundsterling.

Andy Robertson merupakan salah satu pemain yang dibeli dengan harga murah oleh Liverpool.Andy Robertson merupakan salah satu pemain yang dibeli dengan harga murah oleh Liverpool. (AP Photo/Rui Vieira)
Barcelona ada di posisi ketiga dengan nilai skuat 1,06 miliar poundsterling alias Rp19,5 Triliun. Real Madrid ada di posisi keempat dengan nilai skuat 1 miliar poundsterling alias Rp18,4 triliun.

Keberhasilan Liverpool jadi tim termahal terasa fantastis melihat cara The Reds menyusun kekuatan. Pemain-pemain yang ada di skuat Liverpool saat ini tidak semuanya dibeli dengan harga mahal.

Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Andy Robertson adalah sejumlah pemain yang dibeli dengan harga relatif murah. Belum lagi sosok seperti Trent Alexander-Arnold yang merupakan jebolan akademi.

Di tangan Klopp, nama-nama itu menjelma jadi bintang papan atas. Mereka yang tak dianggap langsung menjelma jadi pemain elite Eropa.

Nama-nama tersebut kini punya banderol tinggi bila diminati oleh klub lain. Hal inilah yang membuat nilai klub Liverpool menjadi melonjak tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu.

Liverpool Punya Skuat Termahal di Dunia

Hanya ada dua pemain Liverpool yang tergolong pemain mahal yaitu Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia