JAKARTA – Walikota New York City, Langkah tersebut diambil sebagai pencegahan atas penyebaran virus corona Covid-19.

Sebelumnya, de Blasio telah menutup restoran, kelab malam, teater dan tempat konser. Sekolah juga akan ditutup setidaknya hingga 20 April, yang berdampak pada hampir satu juta siswa.

“Ini bukan keputusan yang saya buat dengan mudah. Tempat-tempat ini adalah bagian dari hati dan jiwa kota kami. Itu adalah bagian dari apa artinya menjadi warga New York. Tetapi kota kami menghadapi ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kami harus menanggapinya dengan mentalitas masa perang,” tulis de Blasio di Twitter.

“Kita akan melalui ini sampai kita bisa melakukannya [mengurangi penyebaran], kita harus melakukan pengorbanan apa pun yang diperlukan untuk membantu sesama warga New York,” lanjutnya.

Menurut Variety, penutupan bioskop di New York City ini akan membuat kejatuhan angka box office global semakin memburuk.

Sebelumnya, sejumlah negara seperti China, salah satu pasar film terbesar di dunia, serta Italia pun telah ditutup demi mencegah penyebaran pandemi.

Di Amerika Utara, penjualan tiket box office anjlok ke posisi terendah dalam 22 tahun terakhir karena para penonton memilih untuk tinggal di rumah ketimbang menonton film seperti Onward, The Hunt, atau Bloodshot di bioskop.

Pendapatan dunia perfilman juga terpukul karena dua jaringan bioskop terbesar, AMC dan Regal, dan beberapa bioskop lain seperti Alamo Drafthouse dan Arclight, membatasi jumlah tiket yang dijual per teater untuk menghindari kepadatan.

Sejumlah bioskop yang tetap buka memilih menjaga jarak antara barisan dan kursi dan mengambil langkah-langkah sanitasi tambahan, termasuk melakukan desinfektan pada kursi, sandaran lengan dan tempat gelas.

Hingga Kamis pekan lalu, beberapa film blockbuster termasuk Mulan, A Quiet Place Part II, Fast 9 dan No Time to Die telah memindahkan tanggal rilis mereka.

Pada hari Minggu, sebagian besar industri hiburan seperti teater-teater Broadway, arena bermain, dan acara olahraga pun telah ditutup untuk berjaga-jaga terhadap wabah.

Cegah Corona Menyebar, New York Tutup Bioskop

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia