Tim dari Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, menangkap tiga orang pelaku yang merupakan komplotan jambret di Palembang. Komplotan ini diketahui sudah 30 kali menjalankan aksinya, dan saat ditangkap mereka sedang menggelar pesta seks di sebuah penginapan.

Ketiga pelaku yakni Ahmad Febrianto (22 tahun), Rendi Pramana (19 tahun), dan MI (18 tahun). Untuk pelaku Ahmad dan Rendi harus dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki katena mencoba melakukan perlawanan saat akan diamankan petugas.

Ahmad Febrianto, mengaku sudah melakukan aksi penjambretan sebanyak 30 kali dengan sepeda motor Nmax milik pelaku MI. saat menjalankan aksinya, ia kerap berganti pasangan baik bersama Rendi maupun MI.

“Motor itu punya MI, jadi walaupun dia tidak ikut uang hasil jambret itu tetap bagi tiga,” katanya, Jumat (13/3).

Sementara saat dilakukan penangkapan terhadap ketiganya, petugas juga turut mengamankan tiga wanita yang diketahui selalu menemani para pelaku usai menjabret. Yakni RK (20 tahun), SI (18 tahun), dan AH (19 tahun).

“Kami baru kenal dua bulan, tidak tahu kalau mereka itu menjabret. Kami hanya kumpul-kumpul saja, tidak berhubungan badan di dalam penginapan itu,” kata SI yang merupakan teman wanita pelaku MI.

Kasubdit 3 Jatanras Ditkrimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, mengatakan penangkapan ketiga pelaku ini setelah pihaknya melakukan penyelidikan terhadap setidaknya tiga laporan masyarakat terkait aksi penjambretan yang sudah sangat meresahkan. Untuk pelaku berinisial MI, statusnya masih sebagai pelajar SMK di Palembang.

IMG-20200313-WA0007.jpg

“Komplotan ini sudah sebanyak 30 kali di wilayah Palembang. Dari laporan korban di Polsek, kami melakukan penangkapan terhadap tiga pelaku, dan dua terpaksa kami lumpuhkan karena coba melawan ketika akan ditangkap,” katanya.

Suryadi bilang, setiap kali usai beraksi ketiga pelaku ini selalu menyewa penginapan khususnya yang berada di Jalan Tanjung Api-Api Palembang. Uang hasil kejahatan itu digunakan pelaku untuk narkoba dan kumpul bersama dengan teman wanitanya.

“Saat dilakukan penangkapan, kita juga mengamankan tiga orang teman wanita pelaku dalam kamar penginapan yang sama. Diduga mereka akan pesta seks dan narkoba,” katanya.

Menurutnya, ketiga pelaku saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas, guna pengembangan lebih lanjut terhadap dugaan adanya pelaku lainnya yang terlibat dalam aksi penjambretan yang dilakukan komplotan ini.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan