JAKARTA

Jika ingin sarapan sehat, pemilihan makanan dengan campuran kunyit bisa jadi pilihan. Seperti nasi kuning hingga kunyit asam.

Di tengah wabah virus corona, banyak pakar kesehatan merekomendasikan konsumsi rempah yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya kunyit yang mengandung curcuma atau kurkumin.

Untuk memanfaatkannya, kunyit bisa dijadikan bahan minuman herbal hingga bumbu hidangan tradisional. Ada banyak makanan enak yang dibuat dari rimpang kayak khasiat ini.

Tak terkecuali menu sarapan tradisional berikut. Ada nasi kuning yang mengenyangkan hingga lontong kari khas Bandung yang layak dicicipi. Berikut 5 menu sarapan berbahan kunyit yang enak dan sehat.
Berikut 5 menu sarapan berbahan kunyit yang enak dan sehat.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf

1. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah sarapan berbahan kunyit yang populer. Warna kuning terangnya berasal dari pemakaian rempah kaya khasiat ini. Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang sering jadi menu sarapan.

Selain kunyit, nasi kuning ditambahkan santan agar rasanya lebih gurih. Menikmati nasi kuning biasanya bersama taburan bawang merah goreng, irisan telur dadar, bihun goreng, orek tempe, ayam goreng, telur balado, dan lauk lainnya.

Tambahan timun kerap ada supaya lebih segar. Serta kerupuk untuk menambah teksturnya. Nasi kuning jadi salah satu menu sarapan yang mudah dijumpai dimanapun, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran. Harganya sangat terjangkau.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf

2. Nasi Goreng Kunyit

Nasi goreng kunyit sekilas mirip nasi kuning karena warnanya, namun hidangan ini jelas berbeda. Karena bumbu nasi goreng kunyit mirip bumbu nasi goreng pada umumnya, hanya saja ditambahkan kunyit.

Adanya kunyit pada campuran bumbu halus nasi goreng ini memberi cita rasa yang khas dan berbeda. Aroma kunyit juga tercium. Untuk membuat seporsi nasi goreng kunyit cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan.

Bahan untuk membuat nasi goreng kunyit ini diantaranya nasi putih dan bumbu halus seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan sedikit bumbu kari untuk menambah rasa. Anda juga bisa menambahkan suwiran ayam goreng atau ikan teri agar makin nikmat.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf

3. Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan minuman herbal atau jamu berbahan dasar kunyit dan asam Jawa. Kunyit asam dapat menyehatkan tubuh dan dipercaya untuk mengatasi panas dalam atau sariawan. Kunyit asam juga dipercaya dapat membuat perut menjadi dingin.

Kunyit asam bisa jadi salah satu menu sarapan karena sering dijajakan di pagioleh penjual jamu gendongan yang berkeliling dari rumah ke rumah. Minuman berbahan dasar kunyit ini juga digemari wanita karena salah satu fungsinya untuk meredakan nyeri haid.

Bisa meredakan nyeri haid karena kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat memberikan efek meredakan nyeri alami (analgesik). Kunyit juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa melawan beberapa penyakit. Antioksidan yang tinggi pun dapat membantu Anda agar kekebalan tubuh terus stabil.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf

4. Lontong Kari

Lontong kari merupakan makanan khas Indonesia, tepatnya dari Bandung. Seperti halnya kupat tahu, lontong kari dijadikan menu sarapan yang mudah ditemui di berbagai tempat, salah satunya di pedagang kaki lima.

Lontong kari disajikan dengan potongan lontong, lalu disiram dengan kuah kari bersantan kental yang warnanya kuning. Warna kuning ini didapatkan dati campuran rempah yang menyehatkan yaitu kunyit. Lauknya terdapat telur hingga potongan daging ayam.

Tambahan taburan bawang merah goreng, kacang tanah goreng, dan emping akan menambah cita rasa lebih nikmat. Di Bandung sendiri banyak sekali tempat menyantap lontong kari yang nikmat. Diantaranya Lontong Kari Gempol dan Lontong Kari Cicendo yang telah melegenda.

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leaf

5. Kunyit Latte (Turmeric Latte)

Di Indonesia ada minuman berbahan dasar kunyit yaitu kunyit asam yang kerap dijadikan jamu dan diminum setiap pagi. Ada pula minuman kunyit gaya Barat yaitu kunyit latte (turmeric latte). Bahan yang digunakan masih berupa kunyit hanya saja ditambahkan campuran susu, jahe, madu, kayu manis, dan rempah lainnya.

Mungkin sekilas kunyit latte ini terlihat aneh, namun rasanya tak seaneh yang dibayangkan. Rasa kunyit latte dominan kunyit dengan creamy susu. Akan sangat nikmat diminum saat masih hangat.

Ternyata kunyit latte juga dijajakan di Jakarta. Terdapat pada salah satu gerai boba di bilangan Sudirman. Bukan kunyit latte yang hangat, namun disajikan bersama es batu dan tambahan boba kenyal.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood