JAKARTA – Menikmati secangkir minuman hangat menjadi ritual pagi yang disukai banyak orang. Salah satunya secangkir air hangat bercampur garam Himalaya yang semakin populer di tengah masyarakat. Air hangat satu ini disukai karena segudang manfaatnya untuk kesehatan.

Garam Himalaya merupakan garam yang berasal dari Khewra Salt Mine, tambang garam terbesar kedua di dunia. Tambang garam ini terletak di bawah Pegunungan Himalaya.

Garam ini merupakan salah satu varietas garam yang diklaim paling sehat. Garam Himalaya diklaim lebih baik dibandingkan kebanyakan garam lainnya dalam hal kandungan mineral, metode pemrosesan, dan manfaat kesehatan yang ditawarkan.

Saat dipasangkan dengan air, tak hanya membersihkan racun dari tubuh, tapi garam ini juga membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Mengutip Pink Villa, berikut manfaat air garam Himalaya.

1. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat
Garam Himalaya membantu menstimulasi enzim yang membantu pencernaan. Enzim ini membantu penguraian dan pencernaan makanan.

Selain itu, enzim juga berfungsi untuk meningkatkan penyerapan makanan.

2. Meningkatkan energi
Garam ini mengandung mineral yang memberikan energi terbaik untuk tubuh.

Karena cairan diserap lebih cepat, mengonsumsi garam ini dengan air dapat meningkatkan penyerapan mineral dan membuat Anda lebih berenergi.

3. Membantu menurunkan berat badan
Garam Himalaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena diketahui mampu membantu pergerakan usus, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Mencegah sakit kepala
Garam ini mengandung mineral seperti kalium dan kalsium. Keduanya bekerja untuk meningkatkan kontraksi dan relaksasi otot.

Selain itu, garam ini juga mengandung magnesium yang bersifat antiinflamasi. Magnesium membantu tubuh mengatasi sakit kepala.

5. Membantu tidur nyenyak
Sebuah penelitian menemukan, garam ini dapat membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh. Hal ini dengan sendirinya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Secangkir air garam Himalaya juga diketahui mengandung magnesium yang memiliki sifat antidepresan, sehingga membantu tidur lebih baik dengan melemaskan saraf dan otot yang tegang.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia