Pojok Batam

Bank Dunia Siapkan Rp170 Triliun untuk Perangi Virus Corona


JAKARTA – Bank Dunia menyiapkan paket bantuan senilai US$12 miliar atau setara Rp170 triliun (kurs Rp14.221 per dolar AS) untuk membantu negara anggotanya memerangi wabah virus corona. Bantuan untuk mengatasi masalah kesehatan, serta ekonomi di negara-negara miskin dan berkembang yang ditimbulkan oleh covid-19.

Dilansir laman resmi Bank Dunia, Rabu (4/3), bantuan dirancang untuk memperkuat sistem kesehatan, termasuk akses layanan kesehatan demi melindungi masyarakat dari dampak virus corona. Dukungan dana juga akan memperkuat pengawasan terhadap penyakit, dan mengurang dampak pada ekonomi di sektor swasta.

“Kami berupaya memberikan respons yang cepat dan fleksibel berdasarkan kebutuhan negara berkembang dalam menangani penyebaran covid-19, termasuk pembiayaan darurat, saran kebijakan, dan bantuan teknis, membangun instrumen dan keahlian grup Bank Dunia yang ada untuk membantu negara-negara menanggapi krisis,” ujar David Malpass, Presiden Bank Dunia.

Paket bantuan Bank Dunia diberikan dalam bentuk pembiayaan. Di antaranya US$2,7 miliar untuk pembiayaan baru dari IBRD, US$6 miliar dari IFC, termasuk US$2 miliar untuk fasilitas perdagangan.

Selain pembiayaan, paket bantuan Bank Dunia juga memberikan hibah dan pinjaman berbunga rendah dari IDA, termasuk paket khusus negara-negara berpenghasilan rendah. Kemudian, pinjaman dari IBRD diperuntukkan bagi negara berpenghasilan menengah.

IFC, kelompok Bank Dunia, juga akan bekerja dengan klien bank komersial untuk memperluas pembiayaan perdagangan dan jalur modal kerja. IFC juga akan secara langsung mendukung klien korporatnya dengan fokus pada sektor strategis, termasuk alat medis dan farmasi untuk mempertahankan rantai pasokan.

Diketahui, wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China, itu menyebar ke lebih dari 76 negara di dunia. Hingga saat ini, total kematian terkait virus corona mencapai 3.162 orang, dengan jumlah kasus orang terinfeksi sebanyak 92.860.

Lebih dari separuh orang terinfeksi dinyatakan sembuh seperti dilansir Covid-19 Global Cases by John Hopkins CSSE.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia

Exit mobile version