JAKARTA

MotoGP Qatar tidak akan digelar pada akhir pekan ini, Minggu (8/3/2020). Pembatalan ini lantaran wabah virus korona.

Alex Rins ikut prihatin dengan pembatalan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh pebalap Suzuki ini melalui laman jejaring sosial twitternya.

“Sangat sedih tidak bisa membalap di MotoGP Qatar, tetapi yang paling utama adalah tetap jaga keselamatan semuanya,” ujar Rins, Senin (3/1/2020).

Tidak hanya Rins, pebalap yang memulai debutnya di ajang MotoGP bersama tim pabrikan Yamaha musim depan, Fabio Quartararo, juga mengungkapkan hal yang sama.

Menurutnya MotoGP Qatar menjadi balapan pembuka yang paling ditunggu dari rider Petronas Yamaha ini.

“Baiklah. Saya sudah menunggu balapan pertama ini sejak balapan terakhir selesai. Sedih dan kecewa setelah tugas yang begitu bagus,” ucap Quartararo.

“Mari kita lihat, kapan kita akan menjalani balapan pertama. Doa yang terbaik untuk teman-teman saya dari Moto2 dan Moto3 jika mereka bisa balapan pada hari Minggu,” ujar Quartararo.

Keputusan ini diambil tak terlepas dari pembatasan kunjungan ke Qatar, khususnya dari Italia.

Italia saat ini mengalami masalah serius dengan virus corona, dengan sudah ada 1.128 kasus di sana sampai Minggu (2/3). Akibatnya, seluruh penumpang dari Italia harus menjalani karantina lebih dulu selama minimal 14 hari.

Nah, ini menjadi tak memungkinkan buat MotoGP. Seperti diketahui, di kelas MotoGP saja banyak pebalap yang berasal dari Italia. Ada enam pebalap sejauh ini, mereka adalah Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Editor: PARNA
Sumber: detikoto