Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam melantik 60 anggota Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) di Harmoni One, Batam Center, Sabtu (29/2). Mereka akan bertugas di 12 kecamatan yang ada di Batam.

Komisioner KPU Batam, Jernih Siregar, mengatakan, anggota yang dilantik resmi bertugas mulai hari ini, Minggu (1/3) hingga proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) selesai.

“Bertugas selama sembilan bulan ke depan. Mereka akan membantu kami dalam menjalankan tahapan, pelaksa-naan hingga pleno nantinya,” katanya.

Setelah dilantik, 60 anggota ini diberikan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai tugas dan tanggung jawab selama menjadi anggota PPK. Dalam pertemuan itu, KPU juga menegaskan tentang integritas dan pentingnya menjalankan tahapan secara baik dan benar.

“Pemilu lalu sangat kami jadikan pelajaran. Kami tidak ingin kejadian serupa terulang kembali. Jadi kami ingin mereka bekerja sesuai dengan tupoksinya. Tujuannya agar pilkada sukses,” jelasnya.

Jernih menyebutkan, untuk waktu dekat, PPK akan membantu KPU mempersiapkan data pemilih yang akan berpartisipasi di pilkada 23 September mendatang.

“Setelah ini kan masih ada PPS dan Pantarlih. Jadi, anggota PPK ini juga akan monitoring membantu kami dalam menyukseskan pilkada,” imbuh Jernih.

Ia berharap anggota yang terpilih benar-benar menjalankan tugas dengan baik dan benar. Untuk itu, pihaknya masih akan memberikan beberapa Bimtek lanjutan terkait jalannya pemilu nanti.

“Tadi baru dasar yang kami berikan. Bimtek ini kami harapkan bisa menekan angka kesalahan anggota di pilkada nanti. Biar mereka paham tugasnya,” ucapnya.

Saat ini, KPU juga tengah menyeleksi berkas pelamar PPS yang sudah diterima KPU Batam. Mereka yang lolos nanti akan membantu PPK dalam menjalankan tahapan pemilu.

“Karena tahapan masih banyak. Dalam waktu dekat ini juga harus sudah masuk pe-ngumpulan daftar pemilih. Jadi, mudah-mudahan semua sesuai jadwal. Intinya kita berupaya lebih baik dari pileg lalu,” tutupnya.

Editor: PARNA
Sumber: batampos