Presiden Jokowi menyebutkan dua WNI positif Covid-19. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan bahwa keduanya tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, dan bisa menular dari hewan ke manusia serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia salah satunya dikarenakan percikan dahak saat batuk atau bersin.

Oleh karena itu, ada 5 hal yang bisa dilakukan agar tidak tertular virus SARS-CoV-2. Berikut daftarnya:

1. Mencuci tangan dengan benar

Ini adalah hal paling sederhana dan efektif dalam mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2. Mencuci tangan dengan benar berarti menggunakan sabun dan air mengalir, gosok-gosok tangan setidaknya 20 detik.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Pastikan seluruh bagian tangan tercuci bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, dan sela-sela jari.

Cuci tangan sesering mungkin termasuk sebelum makan, setelah makan, usai beraktivitas, usai batuk atau bersin, juga sebelum tidur.

2. Gunakan hand sanitizer

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, pakailah hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkohol.

Ilustrasi Lihat Foto Ilustrasi(Shutterstock)

Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen agar kuman terbasmi dengan baik.

Ilustrasi batuk

3. Kenakan masker hanya jika sakit

Ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah virus SARS-CoV-2 yakni masker bedah dan masker N95. Namun, keduanya hanya dipakai jika Anda sakit atau bersin-bersin.

Jika sedang dalam kondisi sehat, Anda boleh membawa masker. Masker digunakan untuk menutup mulut serta hidung saat Anda bersin, atau batuk.

Kemudian, jangan lupa cuci tangan usai beraktivitas atau berada di luar ruangan.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Covid-19 sangat berbahaya bagi orang dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Namun, Covid-19 bisa dihindari apabila sistem imunitas Anda kuat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Rutin berolahraga, makan teratur, mengonsumsi buah dan sayur, serta melengkapinya dengan suplemen atau vitamin bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Hindari kontak dengan orang yang menunjukkan gejala seperti batuk dan pilek

Gejala Covid-19 antara lain demam, batuk, serta sesak napas. Apabila di sekitar Anda terdapat orang dengan gejala batuk atau bersin, menjauhlah dan hindari kontak terutama pada bagian wajah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat menyebutkan bahwa “kontak dekat” yakni berada di jarak sekitar 1,8 meter, di dalam ruangan atau area perawatan yang sama tanpa pakaian pelindung. “Kontak dekat” juga termasuk merawat, tinggal bersama, menjenguk, dan berbagi ruangan dengan orang yang terkena Covid-19.

Editor: PARNA
Sumber: kompascom