JAKARTA – Huawei pada akhir Februari 2020 memperkenalkan ponsel layar lipat terbarunya, Huawei Mate Xs. Ketika layar ponsel dibuka, ponsel akan berubah fungsi menjadi tablet.

Huawei Mate Xs hadir menyusul Samsung Galaxy Fold yang meluncur pada pertengahan Desember 2019.Dari segi harga, Huawei Mate Xs dibanderol Rp37,8 juta di pasar global.

Sedangkan Samsung membanderol Galaxy Fold dengan harga Rp30,8 juta di Indonesia. Huawei belum mengumumkan harga Mate Xs karena belum ada tanggal peluncuran di Indonesia. Namun Huawei memastikan ponsel akan hadir di Indonesia maksimal pada April 2020.

CNNIndonesia.com akan membandingkan kedua ponsel dengan desain yang akan menjadi tren ponsel Android di masa depan.

Layar

Apabila membandingkan layar, Huawei Mate Xs memang lebih unggul dengan ukuran layar 8 inci ketika dibentangkan. Sementara, Samsung Galaxy Fold menawarkan 7,3 inci ketika digunakan sebagai tablet.

Saat dilipat, layar Mate Xs memiliki bentang 6,6 inci, sementara Galaxy Fold memiliki bentang 4,6 inci. Kedua ponsel telah dibekali dengan layar OLED, hanya saja resolusi Mate Xs lebih unggul dengan 2200 x 2480 pixels (kerapatan 414 ppi) dibandingkan dengan Galaxy Fold dengan 1536 x 2152 pixels (kerapatan 362 ppi).

Performa

Menyoal performa, Mate Xs dibekali dengan Kirin 990 yang cipset terkuat milik Huawei saat ini. Samsung tak mau kalah dengan menyematkan cipset premium besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 855.

Galaxy Fold lebih unggul dengan RAM 12GB dibandingkan Mate Xs dengan RAM 8GB. Meski penyimpanan internal kedua ponsel 512GB, Galaxy Fold lebih unggul dengan kehadiran UFS 3.0.

Mate Xs berhasil mengungguli Galaxy Fold dalam tes benchmark Antutu dengan angka 457.537. Galaxy Fold mencetak angka 379.000 skor Antutu benchmark.

Baterai Huawei Mate Xs juga sedikit lebih unggul dibandingkan Galaxy Fold dengan kapasitas 4500 mAh. Di sisi lain, Galaxy Fold memiliki baterai berkapasitas 4.380 mAh.

Kamera

Beralih ke sisi kamera, Samsung menyematkan enam kamera yang terdiri dari tiga kamera belakang dengan sensor kamera 16MP+12MP+12MP, dua kamera di bagian dalam 10MP+8MP, dan satu di bagian depan ponsel sebesar 10MP.

Dari sisi kuantitas kamera, Samsung memang lebih unggul dibandingkan Huawei yang hanya menyematkan empat kamera. Kamera Huawei terdiri dari 40MP+8MP+16MP, serta kamera 3D depth sensing. Huawei menghilangkan kamera selfie karena bisa membuat empat kamera tersebut menjadi kamera depan.

Di atas kertas, kamera utama Mate Xs menawarkan resolusi yang lebih tinggi dengan kamera 40MP. Sementara resolusi kamera terbesar Galaxy Fold hanya 16MP.

Versi Galaxy Fold masih menggunakan Android 9.0 (Pie) sementara Mate Xs telah menggunakan Android 10.0. Hanya saja patut diingat, Huawei Mate Xs tak akan lagi menggunakan Google Mobile Services.

Artinya, Mate Xs tak memiliki Gmail, Google Maps, hingga Google Play Store. Huawei sudah mempersiapkan Huawei Mobile Service independen dan meluncurkan App Gallery untuk menggantikan Google Play Store.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia