JAKARTA – Tengah malam atau pagi hari ketika makan malam Anda tak cukup mengganjal, rasa lapar begitu saja muncul. Sebagian orang secara serampangan mengambil makanan di kulkas atau membeli jajan di jalan saat menuju lokasi kerja. Tapi, alih-alih menambal rasa lapar, boleh jadi camilan ini justru tak sehat atau tidak juga mengenyangkan.

Pelbagai macam gorengan, keripik kentang atau aci dicolok alias ‘cilok’ tentu tampak menggoda ketika Anda sedang lapar.

Padahal, ada beberapa camilan yang mujarab untuk mencegah rasa lapar Anda. Sebut saja buah dan sayuran, dua hal yang bukan saja mengenyangkan tapi juga sehat buat tubuh. Buah-buahan dan sayuran secara alami memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memungkinkan Anda memakannya dalam jumlah banyak sekaligus sarat energi.

Berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber:

Kismis
Anggur yang dikeringkan ini salah satu yang bisa mencegah rasa lapar. Seperempat cangkir kismis itu sama dengan satu setengah gelas anggur atau sekitar 100 kalori. Memakannya lebih banyak bisa mengurangi rasa lapar.

Yoghurt
Seorang juru bicara dari American Dietetic Association, Althea Zanecosky kepada Web MD mengatakan menambahkan sedikit lemak juga bisa mengurangi rasa lapar. Salah satunya pada yoghurt rendah lemak. Selain itu yoghurt juga mengandung protein, kalsium, potasium, vitamin dan mineral. Ngemil yoghurt bisa membuat Anda aman dari lapar ketika beraktivitas.

Buah-buahan
Buah kaya akan nutrisi dan vitamin. Sebut saja alpukat. Lemak tak jenuh pada alpukat bisa mengirimkan sinyal ke otak untuk mengurangi rasa lapar. Setelah makan alpukat, setidaknya Anda bisa bertahan dari rasa lapar kurang lebih selama enam jam.

7 Camilan Pencegah Lapar

Sup
Mulailah dengan sup berbasis kaldu, bukan sup krim yang memiliki kalori lebih tinggi. Tambahkan sayuran favorit Anda, juga protein dari kacang-kacangan, ayam atau ikan. Dengan begitu Anda memiliki semua unsur makanan yang selain padat energi juga memuaskan.

Smoothie
Jika terbuat dari yoghurt rendah lemak dan banyak buah-buahan maka Anda bisa mendapatkan protein, serat dan kalsium. Smoothie sudah menjadi nutrisi andalan.

Popcorn
Camilan ini rupanya benar-benar sarat energi dan tak ada masalah dengan jumlah yang besar. Ini karena popcorn terbuat dari gandum yang utuh sehingga membuat rasa kenyang Anda akan awet. Tapi pastikan makan popcorn yang tak terlalu banyak garam atau penyedap rasa lain.

Salad besar
Salad dengan porsi makan membutuhkan keju, saus rendah lemak dan buah juga sayuran dipercaya memberikan rasa kenyang. Sayur-sayuran yang mengandung serat ini bisa membantu Anda dari rasa lapar. Satu mangkuk sayuran biasanya mengandung sekitar 100 kalori dan 4 gram protein.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia