Virus corona Covid-19 di Korea Selatan menyebar sangat cepat. Selasa (25/2/2020), total infeksi yang dilaporkan hampir mendekati 1.000 orang. Kabar tersebut terjadi setelah Presiden Moon Jae-in mengunjungi pusat penyebaran, dan menuturkan situasi negaranya “sangat mencekam”. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea atau KCDC mengonfirmasi terdapat 144 kasus infeksi baru. Angka ini membuat jumlah infeksi virus corona di negara tersebut bertambah jadi 977 kasus, yang merupakan angka tertinggi di luar China. Akibatnya, sejumlah acara dan pertandingan olahraga harus ditunda di negara ekonomi terbesar ke-12 sedunia ini. Mulai dari konser K-Pop sampai sepak mula (kickoff) musim baru K-League, semua ditunda.

Kemudian Liga Basket Korea akan dimainkan tanpa penonton sampai situasi membaik. Sesi parlemen dan kejuaraan dunia tenis meja juga harus diundur penyelenggaraannya. Sesi parlemen sedianya digelar hari ini (25/2/2020), dan langsung ditunda setelah dikonfirmasi ada peserta rapat minggu lalu yang mengidap virus corona. Maskapai penerbangan Korean Air ikut melaporkan ada seorang awak kabinnya yang positif virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu, tapi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Lebih dari 80 persen infeksi virus corona dilaporkan terjadi di Daegu, kota terbesar ke-4 di Korea Selatan.

“Situasinya sangat mencekam,” ungkap Presiden Moon Jae-in saat berkunjung ke Daegu, sembari mengenakan seragam pejabat darurat pemerintah, dan menekankan Pemerintah Korea Selatan akan memberi bantuan sepenuhnya. “Kita akan menang lawan virus ini,” tambahnya.

Jalanan di Daegu kini lowong, padahal populasi di kota tersebut mencapai 2,5 juta penduduk. Meski demikian, terlihat antrean panjang orang-orang yang berburu masker di beberapa toko. Pemerintah Korea Selatan menekankan ke para warganya untuk ekstra waspada, mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah jika mengalami gejala demam atau gangguan pernapasan.

Negara tetangga jaga jarak

Meningkatnya penyebaran virus corona di Korea Selatan secara cepat membuat negara-negara tetangga kini menjaga jarak.

Hong Kong mengumumkan mereka tidak mengizinkan kedatangan pengunjung dari Korea Selatan, kecuali warga negara mereka yang kembali. Sementara itu Mongolia menghentikan penerbangan dari dan ke Korea Selatan mulai hari ini.

Ini Kata WHO

Sebuah sekte keagamaan disinyalir jadi pusat penyebaran virus

AFP melaporkan ada tambahan tiga kematian akibat Covid-19 di Korea Selatan, yang membuat daftar korban meninggal bertambah jadi 10 orang. Akan tetapi, penambahan tiga orang korban ini adalah jumlah harian terendah dalam empat hari terakhir.

Sebagian besar infeksi yang terjadi di negara tuan rumah Piala Dunia 2002 ini dikaitkan dengan Gereja Shincheonji.

Seorang wanita berusia 61 tahun dilaporkan mengalami gejala demam pada 10 Februari lalu, setelah empat kali menghadiri kegiatan gereja.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, Jung Eun-kyeong, menyarankan para umat gereja untuk menahan diri keluar dari gereja “semaksimal mungkin”. Gereja Shincheonji sedang menerima banyak kritikan publik saat ini. Oleh karenanya, Lee Man-hee selaku pendiri gereja akan menyediakan daftar anggota gereja ke pemerintah Korea Selatan agar bisa dites virus corona.

Editor: PARNA
Sumber: kompascom