JAKARTA – Tyson Fury jadi petinju kelas berat pertama yang bisa merebut semua gelar dari badan tinju dunia.

Tyson Fury membuat torehan tersebut setelah menang technical knock out (TKO) atas Deontay Wilder pada ronde ketujuh di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (23/2) siang WIB. Kemenangan ini membuat Tyson Fury merebut sabuk juara WBC yang sebelumnya dimiliki Wilder.

Keberhasilan merebut sabuk juara WBC membuat prestasi Tyson Fury di kelas berat semakin lengkap. Petinju berusia 31 itu juga pernah merebut gelar dari badan tinju WBA, WBO, IBO, IBF, dan versi The Ring.

Gelar WBA, WBO, IBO, IBF, dan The Ring diraih Tyson Fury pada 2015 lalu. Tyson Fury mengamankan lima gelar itu setelah mengalahkan Wladimir Klitschko di Jerman.

Kalahkan Wilder, Tyson Fury Juara Sejati di Kelas BeratTyson Fury merebut semua gelar badan tinju dunia di kelas berat. (AP Photo/Isaac Brekken)
Tyson Fury menang angka mutlak atas Klithscko. Kemenangan yang diraih Tyson Fury itu juga mengakhiri dominasi Klitshcko di kelas berat yang bertahan hampir satu dekade.

Tyson Fury mengalahkan Klitshcko yang berupaya mempertahankan gelar juara dunia untuk ke-19 kali di kelas berat.

Status Tyson Fury sebagai momok buat petinju yang ingin mempertahankan gelar kembali terlihat saat bersua Wilder. Wilder harus mengakui keperkasaan Tyson Fury dalam upaya ke-11 mempertahankan sabuk juara WBC.

Kalahkan Wilder, Tyson Fury Juara Sejati di Kelas Berat
Dalam pertarungan di MGM Grand, Wilder kalah segalanya dari Tyson Fury. Petinju berjuluk Gypsy King itu mendominasi jalannya pertarungan.

Bahkan, Tyson Fury berhasil membuat Wilder tersungkur untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir di ronde ketiga. Wilder pun kembali mencium kanvas ring usai terkena pukulan kombinasi Tyson Fury.

Tyson Fury akhirnya memastikan kemenangan TKO atas Wilder pada ronde ketujuh. Wasit menghentikan pertarungan setelah kubu Wilder melempar handuk sebagai tanda menyerah.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia