Jumlah korban wabah corona masih terus meningkat di seluruh dunia. Hingga Sabtu (22/2/2020) pagi, jumlah kasus yang terkonfirmasi infeksi virus corona Covid-19 adalah sebanyak 76.806 dengan kasus kematian sebanyak 2.250. Dari jumlah kasus infeksi dan kematian yang semakin meningkat, jumlah pasien sembuh juga terus meningkat. Data terbaru, hingga Sabtu pagi ini menunjukkan, jumlah pasien sembuh mencapai lebih dari 18.000 orang.

Wabah tersebut paling banyak tercatat di daratan China. Sementara, di luar China, kondisi yang semakin memburuk dialami oleh Jepang dan Korea Selatan.

Melansir CNN, otoritas di Provinsi Hubei mengonfirmasi 411 kasus baru pada Kamis (20/2/2020) pagi, membuat jumlah kasus di pusat wabah menjadi semakin bertambah.

Virus Corona Merebak di Korsel Selain itu, Rumah Sakit Nomor 1 Distrik Jiangxia di Wuhan juga mengonfirmasi kematian dokter Peng Yinhua akibat virus corona baru.

Kematian Dr. Peng memunculkan simpati besar di media sosial setelah media cetak setempat melaporkan bahwa dokter berusia 29 tahun ini menunda pernikahannya karena virus tersebut. Pihak berwenang di China mengungkapkan, 6 dokter telah meninggal dunia dan lebih dari 3.000 staf terinfeksi virus. Di luar China, wabah terbesar sementara terjadi di Jepang dan Korea Selatan. Jumlah kasus di Korea Selatan telah melambung tinggi, dari 28 kasus sepekan lalu, menjadi 204 kasus pada Jumat (21/2/2020) sore.

Dua pasien yang didiagnosis virus corona telah meninggal, di mana wabah terpusat di sekitar selatan kota Daegu.

Untuk itu, tim medis pun telah dikirim ke dalam kota untuk menguji orang-orang tanpa riwayat perjalanan keluar negeri maupun terkait dengan kasus lain yang telah dikonfirmasi. Hingga kini, pemeriksaan baru dilakukan pada kasus-kasus orang yang memiliki riwayat perjalanan baru ke daratan China, Hong Kong, dan Macau, atau pada orang-orang yang menunjukkan gejala-gejala mencurigakan setelah melakukan kontak dengan kasus yang dikonfirmasi.

Pada Jumat (21/2/2020), Pemerintah Korea Selatan pun menetapkan Daegu dan wilayah sekitarnya Cheongdo sebagai “area pengaturan khusus” untuk penyakit menular.

Sementara itu, administrasi militer Korea Selatan untuk sementara juga menangguhkan pasukan dari Daegu dan sekitar Provinsi Gyeongsang Utara.

Melansir South China Morning Post (SCMP), adapun data sementara kematian secara umum di seluruh dunia hingga Sabtu (22/2/2020) adalah sebagai berikut:

  • 2.236 kematian di daratan China
  • 3 kematian di Jepang
  • 2 kematian di Korea Selatan
  • 2 kematian di Hong Kong
  • 1 kematian di Taiwan
  • 4 kematian di Iran
  • 1 kematian di Perancis
  • 1 kematian di Filipina

Editor: PARNA
Sumber: kompascom