JAKARTA

Cuka apel memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Cuka apel mengandung asam asetat dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan E. Selain itu, cuka apel juga mengandung potasium, kalsium, dan magnesium.

Bagi kesehatan, cuka apel bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kolesterol, kadar gula dalam darah, mengurangi lemak di bagian perut, dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan untuk kecantikan, cuka apel dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi, kerutan, jerawat, menyeimbangkan pH kulit, dan masih banyak lagi.

“Cuka apel kaya akan kandungan malic acid, dimana kandungan tersebut serupa dengan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan bisa memberikan efek eksfoliasi pada kulit,” kata Dr. Lian Mack, MD selaku dokter kulit bersertifikat seperti dikutip dari Refinery 29.

Hal tersebut yang membuat cuka apel dipercaya dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat akibat penumpukan sel-sel kulit mati. Selain itu, cuka apel juga dapat mengurangi produksi melanin pada kulit sehingga warna kulit akan terlihat lebih rata. Namun selain berbagai kelebihan yang ditawarkan, cuka apel juga memiliki efek negatif, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

“Cuka apel, meskipun bahan alami, dapat menyebabkan kerusakan serius jika digunakan secara berlebihan,” kata Dr. Mack.

“Ini menurunkan pH kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan luka bakar kimia,” tambahnya.

Oleh karena itu dokter Mack menyarankan untuk meminimalisir dampak tersebut, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air. Perbandingan campurannya bisa disesuaikan dengan kondisi kulit yang dimiliki. 1:1 untuk kulit berminyak, 2 air:1 cuka apel untuk kulit normal, dan 3 air:1 cuka apel untuk kulit yang sensitif.

“Karena sifatnya yang asam, malic acid secara alami menyebabkan iritasi. Orang-orang yang memiliki kulit sangat kering, eksim, atau bahkan kemerahan pada wajah atau rosacea bisa memperburuk kondisi mereka dan berpotensi untuk terkena alergi,” kata Dr. Mack.

Oleh karena itu jika kamu ingin mencoba cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel kamu harus melakukannya dengan sangat berhati-hati. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel.

Gunakan Cuka Apel Sebagai Toner

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang pertama adalah dengan menjadikannya sebagai toner. Bagi kamu yang ingin mengobati bekas jerawat atau jerawat meradang dengan cuka apel bisa mencoba mengkombinasikan cuka apel dengan gel lidah buaya. Sama seperti cuka apel, gel lidah buaya juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghentikan peradangan di kulit.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel sebagai toner:
1. Campurkan 2 sendok makan cuka apel, 2 cangkir air matang, dan 1 sendok gel lidah buaya.
2. Masukkan hasil campuran tersebut ke dalam botol spray yang sudah disterilkan.
3. Semprotkan toner cuka apel pada seluruh wajah. Hindari bagian wajah yang terluka dan mengalami kekeringan.

Gunakan Cuka Apel Sebagai Masker

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang kedua adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Untuk bruntusan dan jerawat, cuka apel dapat diolah sebagai masker dan dicampurkan dengan baking soda. Sama seperti cuka apel, baking soda juga memiliki sifat anti peradangan yang bisa membantu mengurangi kemerahan pada jerawat. Kedua bahan ini jika dicampurkan akan membantu mengelupaskan kulit mati, membersihkan pori-pori dan kotoran, serta menjaga pH kulit. Untuk cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang satu ini perlu lebih berhati-hati karena baking soda dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel sebagai masker:
1. Campurkan 2 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan baking soda.
2. Gunakan campuran tersebut sebagai masker dan oleskan pada seluruh area wajah.
3. Diamkan selama 20 menit.
4. Bilas menggunakan air dingin.

Gunakan Cuka Apel Sebagai Obat Totol Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang ketiga adalah dengan menjadikannya sebagai obat kompres jerawat. Cuka apel mengandung asam yang dapat mengeringkan jerawat yang meradang dan membunuh bakteri penyebabnya. Oleh karena itu, cuka apel dapat dijadikan sebagai obat totol jerawat dan didiamkan selama semalaman.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel sebagai obat totol jerawat:
1. Campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 1 cangkir air matang.
2. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol yang bersih.
3. Oleskan campuran cuka apel pada bagian yang berjerawat menggunakan kapas.
4. Biarkan semalaman lalu cuci keesokan paginya.

Gunakan Cuka Apel Sebagai Sauna Wajah

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang keempat adalah dengan menjadikannya sebagai salah satu bahan campuran untuk melakukan sauna wajah. Uap yang dihasilkan dari campuran air panas, cuka apel, dan minyak tea tree akan membantu membuka pori-pori wajah dan membersihkannya dari kotoran serta minyak.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel sebagai sauna wajah:
1. Campurkan 2 cangkir air dengan 4 sendok makan cuka apel lalu panaskan hingga menghasilkan uap.
2. Pindahkan hasil campuran yang telah dipanaskan tersebut ke dalam wadah dan tambahkan 2 hingga 3 tetes minyak tea tree.
3. Posisikan wajah di atas wadah lalu bungkus kepala dengan handuk. Biarkan uap panas menyentuh wajah.

Gunakan Cuka Apel Sebagai Pencuci Wajah

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang kelima adalah dengan menjadikannya sebagai pencuci wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat dan tidak cocok menggunakan produk-produk sabun wajah yang dijual di pasaran maka kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang satu ini.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel sebagai pencuci wajah:
1. Campurkan cuka apel dengan air hangat. Untuk perbandingannya kamu bisa menyesuaikan dengan keadaan kulit yang kamu miliki seperti yang sudah dijelaskan di atas.
2. Celupkan handuk kecil ke dalam mangkuk berisi campuran tersebut.
3. Usapkan dengan lembut pada wajah hingga wajah terasa bersih dan kesat.
Baca juga: 12 Masker Penghilang Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Gunakan Cuka Apel Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel yang keenam adalah dengan mengonsumsinya setiap hari. Selain perawatan dari luar, kulit yang bruntusan dan memiliki jerawat meradang juga perlu mendapatkan perawatan dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan cuka apel sebagai salah satu bahan alami untuk dikonsumsi setiap hari. Cara ini dapat membantu membersihkan wajah dari dalam dan membuang racun dalam darah penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel untuk dikonsumsi setiap hari:
1. Campurkan cuka apel dengan air lalu panaskan.
2. Minum campuran tersebut sebelum atau sesudah sarapan setiap hari.

Demikianlah enam cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel. Pastikan kamu melakukannya dengan sangat hati-hati ya, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Editor: PARNA
Sumber: wolipop