JAKARTA – Petarung mixed martial art (MMA) Rusia, Payzutdin Aliyev, mengalami kelumpuhan usai bertarung pada pertarungan Universal Fighters Open Cup di Tinkoff Arena, St Petersburg, Selasa (11/2) waktu setempat.

Aliyev merupakan petarung asal kelahiran Khabib Nurmagomedov di Dagestan, Rusia. Dilansir dari The Sun, petarung 26 tahun tersebut mengalami cedera patah tulang leher.

Dalam video yang dilansier The Sun, tengkuk Aliyev mendarat lebih dahulu ke kanvas arena saat dibantin lawannya dalam pertarungan tersebut. Tidak jelas di ronde berapa insiden yang dialami petarung itu.

Namun dalam rekaman video, Aliyev langsung tergeletak dalam posisi telentang lurus dan tak bisa bergerak. Dia teriak kesakitan akibat cedera parah yang dialaminya itu.

Khabib Nurmagomedov petarung dunia asal Dagestan yang sukses di UFC. (Khabib Nurmagomedov petarung dunia asal Dagestan yang sukses di UFC. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)
Lawannya sempat berniat langsung menyerang Aliyev. Meski demikian, wasit yang memimpin pertarungan tersebut pun langsung menghentikan pertandingan dan meminta petugas medis untuk melakukan penanganan darurat.

Aliyev langsung dibawa ke rumah sakit di St Petersburg untuk segera mendapatkan perawatan. Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, petarung Dagestan itu mengalami cedera brain contusion atau memar jaringan otak, trauma craniocerebral, dan patah tulang leher dengan kerusakan pada syaraf tulang leher.

Akibat cedera parah itu, lengan dan kaki Aliyev mengalami kelumpuhan. Kementerian Olahraga Negara Bagian Dagestan merespons cedera serius yang dialami petarung tersebut.

Petarung MMA Asal Kelahiran Khabib Lumpuh Usai Bertarung
“Tak ada yang bisa selamat dari insiden itu. Aliyev mengalami cedera syaraf otak parah dan dia kini membutuhkan bantuan pendanaan,” demikian keterangan Dari Kementerian Olahraga Dagestan.

Kampanye pengumpulan dana untuk perawatan Aliyev pun langsung dilakukan dan berharap petarung itu bisa kembali normal meski peluangnya amat tipis.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia