Tanjungpinang – MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyebut Hotel Radisson Batam penipu. Hal ini disampaikannya dalam pidato saat kegiatan Penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 di aula hotel tersebut.

Tjahjo mengaku kecewa dengan pelayanan hotel tersebut.

Humas KemenPAN-RB mengaku belum mengetahui hal yang melatarbelakangi kemarahan Tjahjo.

“Terkait hal tersebut belum ada yang bisa kami konfirmasi,” kata salah satu staf Humas KemenPAN-RB Robi Zam Zam kepada Batamnews, Senin (10/2/2020) malam.

“Karna kami dari humas sendiri belum diberitahu latar belakang masalah sehingga Pak MenPAN mengeluarkan statement demikian,” sambungnya.

Ia meminta waktu sampai pihaknya mendapatkan kepastian apa penyebab hingga MenPAN mengeluarkan pernyataan mengejutkan tersebut.

“Mohon beri waktu sampai kami mendapatkan jawaban informasi yang valid,” tegasnya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo tak puas dengan pelayanan Hotel Radisson

Tjahjo awalnya berbicara soal pelayanan. Namun ia mengatakan sangat kecewa dengan pelayanan Hotel Radisson Batam.

“Maaf secara pribadi saya kecewa dengan Hotel Radisson ini, penipu,” ujar Tjahjo Kumolo di depan sekitar seribuan orang hadirin, Senin (10/2/2020).

Tjahjo sengaja hadir di Batam dalam acara penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019.

Menurut Tjahjo, harga maupun kamarnya bagus, namun sayang, pelayanannya sangat menyebalkan. “Pelayanannya (Hotel Radisson) menipu,” ujarnya.

Pada saat itu hadir sejumlah pejabat Wali Kota Batam Rudi, bupati-bupati serta wali kota se-wilayah satu, Indonesia.

Wali Kota Batam Rudi juga kaget. Kabarnya ia empat meminta salah seorang kepala dinas untuk mengecek soal kemarahan menteri tersebut.

Tjahjo menyebut Hotel Radisson merupakan hotel dengan promosi standar tinggi, namun ternyata menipu. “Menteri aja ditipu, apalagi yang lain,” ucapnya. Tidak berhenti di situ saja, Tjahjo melanjutkan omongannya. “Saya muat di media massa saja,” ucap Tjahjo.

Pihak hotel kaget

Director of Sales Radisson Suriyanti Panjaitan mengatakan, saat ini dia beserta stafnya tidak terlalu khawatir dengan pernyataan itu. “Sekarang kami masih selow, kan beliau (Tjahjo) bilang mau disampaikan ke media. Tapi kami selow aja, karena kami tidak merasa salah,” ujarnya ketika dikonfirmasi batamnews, Senin (10/2/2020).

Suriyanti menjelaskan, tentang apa yang dikatakan oleh Tjahjo itu memang sempat membuat dia beserta stafnya terkejut. Bahkan setelah acara selesai, dia langsung menanyakan dimana letak kesalahan yang disampaikan oleh Tjahjo.

“Jadi waktu saya mendengar beliau ngomong seperti itu, saya ada di sana, saya syok. Kami semua sudah mencari tau ada apa, tapi kami tidak menemukan jawabannya sampai sekarang. Ke Pak Wlikota juga menyampaikan hal yang sama. Saya bilang nggak tau pak, saya nggak tau,” ucapnya.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan