Maskapai penerbangan nasional milik BUMN, Garuda Indonesia, menjadi yang paling tepat waktu di antara maskapai lain di kawasan Asia Pasifik. Posisi ini diraih Garuda untuk penerbangan sepanjang Januari 2020.

Mengutip hasil penilaian OAG (Official Airline Guide), persentase ketepatan waktu atau on time performance (OTP) Garuda Indonesia sebesar 95,3 persen. Angka itu yang tertinggi untuk kawasan Asia Pasifik.

Posisi Garuda mengungguli maskapai negara tetangga, Singapore Airlines, yang ketepatan waktunya hanya 86,9 persen. OTP Garuda juga jauh di atas maskapai terkemuka benua Eropa, seperti KLM Royal Dutch, Belanda, yang skor OTP-nya 89,7 persen; Juga Lufthansa, Jerman, yang sebesar 86,5 persen.

Secara global, OTP Garuda Indonesia berada di posisi ke-4. Tiga posisi pertama masing-masing ditempati maskapai penerbangan asal Portugal, Orbest (100 persen); TACA International Airlines, El Salvador (97,2 persen); Dan Safair, Afrika Selatan (95,8 persen).

Counter Check Terminal 3 Bandara Soetta

Sedangkan posisi ranking KLM Royal Dutch di 23, Singapore Airlines 39, dan Lufthansa 43.

Data kinerja ketepatan waktu atau OTP ini secara berkala atau bulanan, dikeluarkan oleh OAG untuk semua maskapai di dunia. Selain itu, OAG juga merilis OTP bandara-bandara di dunia.

OAG adalah penyedia data perjalanan global dengan kantor pusat di Inggris. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1929 dan beroperasi di Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Lithuania, dan Cina. OAG memiliki jaringan jadwal dan data status perjalanan terbesar di dunia.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan