Virus corona atau novel coronavirus 2019 (nCoV-2019) terus menyebar di Eropa. Virus ini mulai memasuki Spanyol, setelah salah satu warganya tertular.

Dilansir Reuters, Sabtu (1/2), Kementerian Kesehatan Spanyol mendiagnosis pria yang tinggal di Pulau La Gomera di Canary positif virus corona, padahal ia tak pernah berpergian ke China.

Kasus ini merupakan penyebaran virus corona dari manusia ke manusia di luar wilayah China. Pria itu merupakan satu dari lima orang yang melakukan pengamatan penelitian di pulau itu. Beberapa dari mereka telah melakukan kontak dengan seorang pria Jerman yang didiagnosis positif virus corona.

Antisipasi virus Corona, Bandara Suvarnabhumi

Diagnosis ini diberikan tak lama setelah sebuah pesawat yang mengangkut 27 warga Uni Eropa dari Kota Wuhan mendarat di Madrid. Beberapa negara di Eropa memang bekerja sama dalam mengevakuasi warganya.

Dari rombongan itu, tak ada warga Spanyol yang mengalami gejala virus corona, seperti demam dan batuk. Namun, mereka langsung dikarantina di rumah sakit militer di Madrid selama 14 hari.

Sementara, empat warga Denmark dan satu warga Norwegia yang ikut dalam rombongan itu langsung dipulangkan ke negara masing-masing.

Petugas medis, virus corona, Hubei, China

Sementara di Jerman, virus corona mulai menyebar pada Selasa (28/1) setelah seorang pria di Starnberg terinfeksi virus mematikan ini. Saat ini, sudah ada 7 kasus penyebaran virus corona di Jerman.

Jumlah kematian akibat virus corona semakin bertambah setiap harinya. Data pemerintah China per 31 Januari, sudah ada 259 orang meninggal akibat virus ini. Sebagian besar berada di Provinsi Hubei.

Sementara jumlah pasien virus corona mencapai lebih dari 11 ribu orang di seluruh dunia.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan