Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjelaskan kondisi WNI yang sudah tiba di Natuna setelah evakuasi dari Wuhan. 238 WNI dari Wuhan sudah tiba di Natuna dan disambut langsung oleh Terawan, Minggu (2/2).

“Semua sehat, sehat. Lari saja bisa, jalan bawa barang bisa, tadi turun dari pesawat jalan bisa, sehat kan artinya,” kata Terawan di Lanud Raden Sadjad, Natuna.

Selain itu, lanjut Terawan, seluruh WNI yang sudah tiba di Tanah Air tidak menunjukkan gejala-gejala awal terjangkit Virus Corona. Seluruh WNI sudah melewati pemeriksaan kesehatan.

“Dari tes awal, suhunya enggak ada yang naik, enggak ada yang batuk, pilek, sesek. Itu dulu yang penting, karena ini kan corona,” lanjut Terawan.

Sambut WNI di Natuna

Meski saat ini kondisi WNI sehat, Terawan menyebut pemerintah tetap mewajibkan seluruh WNI yang dievakuasi tersebut untuk menjalani observasi selama 2 pekan.

“Itu tidak cukup, kita harus pantau selama dua minggu, kita lihat kita amati. Tadi pemeriksaan awal semua sudah dilakukan,” kata Terawan.

Terawan berharap seluruh WNI bisa tenang dan enjoy menghadapi masa observasi selama dua pekan. Sebab, inilah kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai antisipasi terjangkit virus corona setelah pulang dari Wuhan, China.

Pemerintah juga berharap agar para WNI bisa menerima kondisi lokasi observasi yang disediakan pemerintah.

“Tim dokternya juga sudah lengkap, bahkan ada dokter kandungan, saya harapkan semua bisa tenang, enjoy,” kata Terawan.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan