TOKYO – Belum ke Jepang rasanya kalau belum makan bento, kotak makanan yang penuh dengan aneka makanan enak dan dibentuk apik.

Bento sebenarnya merupakan istilah Jepang untuk makanan bekal yang berisi nasi dan lauk pauk. Bento dikemas dalam tempat yang praktis agar bisa dibawa dengan mudah. Bentuk-bentuknya yang cantik serta bahan makanan yang bentuk sedemikian rupa bertujuan untuk meningkatkan selera makan seseorang.

Bento tak cuma dibawa oleh anak sekolah atau pegawai kantoran. Bento juga biasanya dijual di stasiun kereta agar bisa dinikmati di dalam kereta jarak jauh.

Sudah banyak restoran Indonesia yang menjual bento. Tapi bagaimana Bagaimana rasa dan bentuk bento dari negara asalnya di Jepang?

CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal bento-bento unik di Negeri Sakura ini. Sebagai makanan bekal, bento umumnya dijual di stasiun ataupun terminal bus untuk orang yang bepergian atau pun para pekerja.

Berikut rekomendasi bento di stasiun-stasiun Jepang:

1. Bento Salmon, Stasiun Hamamatsucho

Dalam perjalanan menuju Gunung Fuji, saya menemukan bento pertama di Stasiun Hamamatsucho. Bento ini dijual di lorong yang menghubungkan stasiun dan terminal bus.

Saya memilih bento salmon seharga 460 yen atau sekitar Rp60 ribu. Potongan salmon yang besar menarik perhatian dari sejumlah lauk yang disajikan.

Salmon setengah matang itu disajikan dengan nasi yang sudah dibumbui. Ada Pula sayuran wortel, tauge, acar lobak, dan goboo atau sejenis umbi khas Jepang. Pasta fusilli dingin juga dihidangkan sebagai pelengkap.

Perpaduan salmon dan nasi yang sedikit pedas berasal dari bubuk cabe, serta sayuran segar menemani perjalanan saya di dalam bus menuju Gunung Fuji.

2. Bento Ikan Tai, Stasiun Ueno

Waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 waktu Tokyo. Jadwal yang padat membuat saya melewatkan makan malam. Untungnya, di Stasiun Ueno masih ada bento yang tersisa. Hanya tinggal beberapa pilihan bento saja yang masih tersedia.

Bento ikan tai (red sea bream) dengan kulit yang mengkilap seolah menggoda. Ikan tai disajikan dengan nasi butter dan aneka sayur, kacang, jamur, lobak, dan gaboo. Bento ini juga dilengkapi dengan telur dadar yang sudah diiris-iris.

Karena sudah malam, rasa ikan sudah mengeras walaupun masih tetap nikmat di mulut. Kulit ikat tai merupakan bagian paling nikmat. Nasi juga sudah dingin dan sayuran mulai mengering.

Bento ini dihargai 950 yen. Namun, karena sudah lewat pukul 21.00, bento didiskon 200 yen menjadi 750 yen atau sekitar Rp90 ribu.

3. Bento Yuba di Stasiun Nikko

Berpindah dari Tokyo, kali ini saya mencoba bento di Stasiun Nikko, Prefektur Nikko. Saya menemukan bento unik yang dikemas seperti bunga sakura dengan kain tipis berwarna pink. Di sini jual beragam pilihan bento lucu seperti bento boneka daruma.

Bento yuba merupakan bento yang berisi lauk pauk khas Nikko. Lauk pauk yang disajikan terdiri dari nasi, udang, ubi, kulit tahu, wortel, jamur, dan potongan telur.

Campuran aneka lauk memberikan rasa yang kaya saat tiba di dalam mulut. Salah satu kelebihan bento ini adalah memiliki makanan penutup berupa mochi yang lumer di mulut.

Bento ini dijual dengan harga 800 yen atau Rp100 ribu per kotaknya.

4. Bento Ayam di Stasiun Yuzawa

Di Prefektur Niigata saya menemukan bento ayam di salah satu minimarket yang di Stasiun Yuzawa. Menu bento ini sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu agar rasa semakin nikmat.

Daging ayam digoreng dengan saus kecap dan disajikan dengan telur dan sedikit sayuran. Daging ayam terasa gurih saat dimakan dengan nasi putih dan telur. Rasa dagingnya yang tak terlalu manis ataupun asin membuat nasi putih dan telur jadi makin nikmat ketika disantap.

Menu bento sederhana ini dijual cukup murah yakni 410 yen atau Rp50 ribu

5. Bento Hello Kitty, Stasiun Takasaki

Bukan kotak bisa, melainkan karakter populer Jepang Hello Kitty yang membungkus bento di Stasiun Takasaki. Selain Hello Kitty terdapat beberapa tokoh kartun lain yang dijadikan kotak bento atau wadah makan.

Bento Hello Kitty ini berisi campuran sayuran, ayam, sosis, dan telur. Makanan pun ditata sedemikian rupa membentuk wajah Hello Kitty. Soal rasa, sebanding dengan tampilan yang cantik. Ayam yang gurih beserta telur nikmat disantap dengan nasi putih.

Selain cantik, bento Hello Kitty yang pasti bakal digemari anak-anak perempuan ini juga termasuk kotak bekal yang lengkap dan memenuhi nilai gizi seimbang, protein, vitamin, serat, karbohidrat di dalamnya.

Satu set bento Hello Kitty ini dijual cukup mahal yakni 1.100 yen atau hampir Rp140 ribu.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia