Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN akan segera diselenggarakan. Sebelum mendaftar, ada baiknya calon mahasiswa mengetahui tren jurusan kuliah di 2020.

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto, tahun ini tren jurusan kuliah favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa belum bergeser dari tahun-tahun sebelumnya.

Namun, dalam dua sampai tiga tahun terakhir ini, ada jurusan kuliah yang tergolong baru dengan peminat tinggi, yaitu Aktuaria.

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu ini merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Beberapa perguruan tinggi yang sudah membuka program studi Aktuaria antara lain, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan LTMPT, jurusan kuliah Aktuaria masuk ke dalam kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek).

“Aktuaria itu sudah jadi favorit. Jumlah pendaftarnya tinggi. Sebenarnya Aktuaria itu gabungan antara akuntansi dengan matematika. Sifatnya bicara data, banyak statistik, kemudian memprediksi. Aktuaria banyak digunakan untuk asesmen asuransi, dan sebagainya,” ujar Budi, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara untuk jurusan kuliah yang sudah lama dikenal dan masih menjadi favorit, trennya belum bergeser. Di Kelompok Saintek misalnya, Budi menuturkan jurusan kuliah Kedokteran dan Teknologi Informasi masih menjadi favorit.

Selain itu, bidang teknik juga masih diminati banyak calon mahasiswa, seperti Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Begitu pula dengan ranah Sosial dan Humaniora (Soshum). Jurusan kuliah Manajemen dan Akuntansi masih menjadi favorit. Sementara, di bidang sosial dan ilmu politik, jurusan kuliah favoritnya yaitu Hubungan Internasional, Komunikasi, Hukum, dan Psikologi.

“Pada dasarnya semua jurusan kuliah itu bagus. Tapi, tiap lulusannya harus punya nilai tambah agar memiliki keunggulan dibanding yang lain,” katanya.

Sementara itu, LTMPT telah mengumumkan jadwal lengkap untuk pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Jadwal lengkap buat SNMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

  • Registrasi akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
  • Pengisian PDSS: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pemeringkatan siswa oleh sekolah: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 4 April 2020 (pukul 15.00 WIB)

Sedangkan, untuk jadwal SBMPTN 2020 yaitu:

  • Pendaftaran SBMPTN: 2 – 13 Juni 2020
  • Pengumuman hasil SBMPTN: 30 Juni 2020 (pukul 15.00 WIB)

Semangat buat kamu yang akan menghadapi SNMPTN, dan SBMPTN 2020!

Editor: PARNA
Sumber: kumparan