JAKARTA

Sejumlah pembaruan diyakini akan dibawa Find X2. Selain desain, kemungkinan besar ponsel ini membawa teknologi layar anyar.

Sejauh ini memang Oppo tidak menyebutkan akan hal tersebut. Hanya saja vendor asal China itu menyakini salah satu tren ponsel flagship di 2020 ada pada layarnya.

“Jika di tahun sebelumnya kita telah melihat berbagai macam terobosan baru pada layar smartphone, seperti teknologi full screen display, edge display, waterfall screen sampai teknologi flodable screen. Kedepannya, layar smartphone akan memiliki banyak fungsi terutama untuk menampilkan berbagai konten resolusi tinggi, srespon layar yang semakin cepat, warna yang semakin kaya dan detail yang semakin tajam,” jelas Aryo Meidianto PR Manager Oppo Indonesia.

Berbagai inovasi layar smartphone sudah ditawarkan oleh produsen. Namun, sebagian besar belum dapat menghadirkan peningkatan yang signifikan.

Oppo memperkirakan di tahun ini semakin banyak perangkat smartphone kelas atas yang hadir dengan kualitas layar yang baik. Ini sesuai dengan laporan IHS Markit bahwa kedepannya smartphone yang akan hadir akan membawa peningkatan yang sangat signifikan, seperti kecepatan refresh rate tinggi 120hz, gamut warna yang lebih luas, teknologi yang diaplikasikan dari perangkat layar televisi dan sistem pencitraan baru yang merupakan rekonstruksi dari sensor gambar khusus.

“Oppo sedang mengembangkan perangkat yang akan hadir dengan membawa kualitas layar terbaik, yang mungkin belum pernah ditemui dalam perangkat smartphone. Seperti pernyatan VP Oppo, Brian Shen, pada media sosial twitter, perangkat Oppo yang akan diluncurkan, Find X2 akan menjadi daya tarik utama dan game charger pada industri smartphone,” ungkap Aryo.

Sebelumnya diberitakan muncul bocoran spesifikasi layar Oppo Find X2. Ponsel ini disebutkan akan mengusung panel OLED berukuran 6,5 inch. Reseolusinya QuadHD+ 3.168 x 1.440 pixel.

Tidak hanya itu, Oppo membekalinya dengan refresh rate tinggi, yakni 120 Hz. Tentu ini akan disukai mereka yang hobi main game di ponsel.

Kedua sisi layar akan melengkung, tapi bukan konsep water fall yang sempat dipamerkan Oppo. Sudut lengkungnya mencapai 80 derajat.

Oppo Find X2 disebutkan akan menggunakan sensor kamera terbaru dari Sony. Sensor tersebut adalah IMX689 48 MP dan akan ditempatkan di kamera utamanya.

Sony Sony IMX689 akan memiliki ukuran 1/1.3 inch. Ukuran tersebut jauh lebih besar dari Sony IMX600 yang memiliki 1/1.75 inch. Sensor Sony IMX600 dipakai Huawei Mate 30 Pro dan mengantarkan ponsel tersebut mendapat nilai tinggi di DxOMark.
Find X2 Bawa Teknologi Layar Anyar, Oppo?

Find X2 bakal punya kamera kedua ultra-wide yang menggunakan sensor Sony IMX708. Sementara untuk kemampuan 5x hybrid optical zoom, Oppo menyematkan sensor 13 MP.

Kamera selfie ponsel ini akan berukuran 32 MP. Oppo memasang sensor Sony IMX616 di kamera tersebut.

Terkait dapur pacunya, Find X2 akan ditenagai Snapdragon 865 dengan modem Snapdragon X55 5G. Ponsel ini akan tersempat co-prosesor pertama yang dikembangkan Oppo sendiri. Bernama Oppo M1, kehadirannya bakal memperbaiki masalah konsumsi daya di Snapdragon 865.

Oppo Find X2 sendiri dikabarkan akan melenggang di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2020 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Editor: PARNA
Sumber: detikinet