JAKARTA – Billie Eilish berhasil menyapu bersih piala kategori utama ajang Grammy Awards 2020. Dia membawa pulang piala untuk kategori bergengsi seperti Record of the Year, Album of the Year, Song of the Year, Best New Artist, serta kategori minor seperti Best Pop Vocal Album.

Dari enam nominasi yang didapat Eilish, ia hanya kalah di kategori Best Pop Solo Perfomance yang dimenangkan oleh Lizzo dengan hit Truth Hurts.

“Terima kasih,” ucap Eilish singkat saat menerima piala Record of the Year untuk lagu Bad Guy, sembari didampingi sang kakak, Finneas O’Connel.

Sebelumnya, selama pidato kemenangan Eilish dan Finneas pun sempat berbagi semangat dengan para musisi muda yang masih memperjuangkan mimpi.

“Begitu banyak lagu lain yang pantas mendapatkan ini. Saya minta maaf,” kata Eilish saat menerima piala Song of the Year. “Terima kasih banyak. Ini Grammy pertama saya. Saya tidak pernah menyangka ini akan terjadi sepanjang hidupku. Saya tumbuh dewasa memperhatikan mereka.”

Dia kemudian memperkenalkan sang kakak yang disebut sebagai sahabatnya dan berbagi mikrofon untuk turut berbicara.
Billie Eilish Sapu Bersih Piala Utama Grammy Awards 2020Billie Eilish dan Finneas mengangkat piala Grammy Awards mereka. (Foto: Rich Fury/Getty Images for The Recording Academy/AFP)
“Saya tidak berpikir kami akan memenangkan ini, sama sekali. Saya suka setiap lagu di kategori ini,” katanya.

“Kami hanya membuat musik di kamar tidur bersama. Kami masih melakukan itu dan mereka membiarkan kami melakukannya. Ini untuk semua anak yang membuat musik di kamar mereka hari ini. Kamu akan mendapatkan salah satunya,” lanjut Finneas.

Finneas sendiri juga mencetak sejarah Grammy untuk Producer of the Year, menjadikannya orang termuda yang pernah memenangkan penghargaan itu pada usia 22 tahun. Dia diketahui juga terlibat dalam produksi lagu-lagu hit dari Selena Gomez dan Camila Cabello.

Dalam sejumlah kategori utama tersebut, Eilish mengalahkan sejumlah musisi besar lainnya seperti Ariana Grande, Lana Del Rey, Taylor Swift, serta Lady Gaga. Selain itu, dia juga mengalahkan jumlah piala yang didapat Lizzo sebagai peraih nominasi terbanyak di Grammy Awards tahun ini dengan delapan kategori. Lizzo tercatat hanya memenangkan tiga dari delapan nominasi itu, yakni dengan Best Pop Solo Perfomance, Best Urban Contemporary Album, dan Best Traditional R&B Perfomance.

Selain menerima penghargaan, Eilish juga turut hadir sebagai salah satu penampil utama. Diiringi sang kakak, ia tampil menyanyikan When The Party’s Over.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia