Serena Williams datang ke Australian Open 2020 sebagai unggulan kedelapan, sementara Wang Qiang hadir sebagai unggulan ke-29. Namun, tenis lebih dari sekadar permainan angka. Naskah soal unggulan itu dirobek-robek Wang Qiang kala ia menjungkalkan Serena 6-4, 6-7, dan 7-5, Jumat (24/1/2020).

44 menit, itu waktu yang dibutuhkan Serena untuk menyingkirkan Wang pada babak perempat final AS Terbuka 2019. Cukup menyakitkan buat Wang karena itu adalah perempat final major pertamanya.

Di Australia, Wang membalikkan keadaan. Ketika waktu menunjukkan angka 44 menit, ia memenangi set pertamanya atas Serena. Selanjutnya adalah sebuah kejutan.

Wang Qiang

Sejumlah unforced error dan kegagalan dalam membendung agresivitas Wang menjadi beberapa faktor mengapa juara grand slam 23 kali itu akhirnya takluk. Namun, Serena sempat bangkit pada set kedua.

Ketika berhasil menundukkan Wang pada set kedua tersebut, Serena merayakannya seolah-olah ia baru memenangi pertandingan.

Namun, nasib buruk hari ini tak dapat ditolak Serena. Ketenangan Wang pada set ketiga terbukti menjadi kunci. Ia memaksa pertandingan berlangsung hingga tiebreaker dan akhirnya menuntaskan perlawanan raksasa tenis asal AS itu.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia