Manchester United jadi pecundang di kandang sendiri pada pekan 24 Premier League 2019/20. Menjamu Burnley di Old Trafford, Kamis (23/1/2020) dini hari, mereka kalah 0-2

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Chris Wood (39′) dan Jay Rodriguez (56′) untuk Burnley. Hasil ini membuat United tertahan di peringkat 5 klasemen sementara Premier League 2019/20 dengan raihan 34 poin.

Sementara itu, Burnley naik ke peringkat 13 dengan torehan 30 poin. Untuk sementara, mereka menjauh dari zona degradasi.

United menurunkan skuat terbaiknya sejak awal. Anthony Martial, Juan Mata, Andreas Pereira, dan Daniel James di depan, dilapisi oleh Fred dan Nemanja Matic di tengah. Lini pertahanan dikomandoi Harry Maguire dan Phil Jones.

Burnley juga melakukan hal serupa. Chris Wood dan Jay Rodriguez di depan, ditemani Ashley Westwood, Jack Cork, Jeff Hendrick, dan Dwight McNeil di tengah. Ben Mee dan James Tarkowski menjadi pemimpin di lini pertahanan.

Sejak awal babak pertama, United langsung menekan lini pertahanan Burnley. Tampak bahwa mereka ingin langsung mengambil inisiatif permainan sejak awal, tidak ingin membiarkan Burnley berkembang.

Namun, Burnley nyatanya memang bermain lebih menunggu di babak pertama ini. Formasi dasar 4-4-2 yang mereka terapkan merupakan cermin bahwa mereka ingin memadatkan lini tengah dan belakang, Tujuannya, untuk menghentikan lini serang United,

Sampai sekitar menit 15, Burnley sukses melakukan hal itu. United kesulitan menembus lini pertahanan Burnley. Serangan-serangan yang mereka lepaskan kerap mentah di area sepertiga akhir lapangan.

Memasuki menit 20, perubahan dilakukan United. Dua bek sayap, Aaron Wan-Bissaka dan Brandon Williams, mulai maju membantu serangan. Hal ini memang membuat lini serang United jadi lebih hidup. Mereka mulai banyak menciptakan peluang.

Namun, ada konsekuensi yang mesti United terima, Di lini pertahanan United, tercipta ruang-ruang yang bisa dieksploitasi Burnley. Hasilnya, Burnley mencuri gol pada menit 39.

Berawal dari sebuah sepakan bebas, Mee menerima bola di kotak penalti United. Ia mengalirkannya kepada Chris Wood, yang berhasil membobol gawang David de Gea lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 1-0 untuk Burnley.

Di sisa waktu babak pertama, United berusaha untuk mencari gol penyama kedudukan. Namun, sampai babak pertama tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Burnley tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, United coba untuk memperbaiki penampilan mereka. Mason Greenwood pun dimasukkan oleh Ole Gunnar Solskjaer, menggantikan Andreas Pereira.

Serangan United pun semakin menjadi di babak kedua ini. Namun, United justru kembali kebobolan ketika mereka sedang gencar menyerang. Kali ini, pelakunya adalah Jay Rodriguez. Ia mencetak gol pada menit 56.

Menerima bola di kotak penalti United, Rodriguez melepaskan sepakan kaki kiri. Sepakannya ini mengenai mistar, lalu memantul masuk ke dalam gawang De Gea. Sebuah sepakan spektakuler, sekaligus membawa Burnley unggul 2-0.

Tertinggal dua angka, tidak ada pilihan lain yang dimiliki United selain menyerang. Mereka juga memasukkan beberapa pemain baru seperti Luke Shaw dan Jesse Lingard untuk menambah kekuatan di lini serang.

Hadirnya pemain-pemain baru ini memang memberikan energi tambahan di lini serang United. Namun, ada satu masalah yang menghinggapi United di laga ini. Mereka kebingungan membongkar ketatnya pertahanan Burnley.

United memang bisa mengalirkan bola hingga area sepertiga akhir Burnley. Namun, ketika akan memasuki kotak penalti, mereka justru kebingungan. Jikapun bisa menyepak, kecil kemungkinan bagi sepakan itu untuk masuk.

Manchester United vs Burnley

Kebuntuan ini jadi warna permainan United di sisa waktu babak kedua. Sementara itu, Burnley sudah tahu apa yang mereka lakukan. Mereka tetap memperketat pertahanan, serta tak membiarkan para pemain United bergerak dengan leluasa.

Hingga babak kedua rampung, Manchester United tetap gagal mencetak angka. Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan Burnley tetap bertahan.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan