Tak cuma Honda yang sudah menyuntik mati beberapa ragam produknya sejak 2018. Pabrikan roda dua lainnya, Yamaha pada kurun waktu yang hampir sama juga telah menghentikan produksi dua modelnya, Byson dan Xabre.

Meski masih ditampilkan pada laman resmi pabrikan, kedua motor tersebut nyatanya tak lagi dibuat. GM After Sales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menyebut, keputusan ini diambil menyesuaikan tren yang berkembang.

Yamaha Byson

“Byson sekarang tidak lagi produksi, sudah setahun lalu mungkin ya, karena sekarang style-nya (orang lebih suka) yang lebih ekstrem seperti produk baru XSR,” ujar Abidin kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Soal Xabre, Yamaha sebenarnya juga telah mengonfirmasi bahwa produksinya tak lagi dilanjutkan. Mengingat ada model baru MT-15 yang punya bentuk serupa.

“Xabre memang setop, karena modelnya sejenis MT-15. Xabre sepertinya belum lama ya (disetop produksinya),” tambahnya.

Yamaha Xabre
Stok masih ada

Abidin sendiri menjelaskan perihal keduanya masih terpampang di website, karena beberapa diler masih menjual stok Byson maupun Xabre yang tersisa.

Pada laman resmi, Yamaha Byson diniagakan dengan banderol Rp 22,950 juta. Sementara Xabre Rp 30,7 juta yang semuanya ditawarkan dengan skema on the road (OTR) Jakarta.

Yamaha Byson

Meski keduanya tak akan menghiasi lagi katalog Yamaha ke depannya, Abidin optimistis lewat motor sport baru yang belum lama ini diluncurkan, bisa semakin menggairahkan dan memperluas pasar.

Apalagi secara produk, boleh dibilang Yamaha sudah melengkapi portofolionya di semua segmen.

“Sekarang ada XSR 155 dan WR 155 R, jadi kan memang all sport terisi semua. Bahkan segmen heritage pun sudah terisi kan,” pungkas Abidin.

Otomotif, Yamaha XSR 155, Yamaha, motor baru 2019

Yamaha XSR 155 resmi meluncur Senin 2 Desember 2019.
Otomotif, Yamaha XSR 155, Yamaha, motor baru 2019

Kenang Byson dan Xabre

Yamaha Byson yang dikenalkan 2010 itu sejatinya sengaja dihadirkan guna mendukung penjualan motor sport Yamaha, yang saat itu hanya diisi V-ixion dan Scorpio.

Motor juga didaulat guna memberikan diferensiasi terhadap produk yang sudah ada, sekaligus jadi senjata guna meladeni produk rivalnya (Honda MegaPro).

Yamaha Xabre

Adapun Yamaha Xabre yang melakoni debutnya di Indonesia pada 2016, juga diharapkan jadi gebrakan pabrikan di tengah segmen motor sport yang lesu.

Hanya saja tak sampai lima tahun umurnya, motor yang mewarisi DNA MT series Yamaha ini juga harus dihentikan produksinya.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan