JAKARTA – Yoghurt adalah susu yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri tertentu dengan rasa agak asam dan bentuknya seperti krim. Lalu apa manfaat yoghurt?

Yoghurt termasuk sumber makanan tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yoghurt juga populer di kalangan masyarakat.

Berikut ini manfaat yoghurt:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi di usus. Hal inilah yang membuat pencernaan lebih lancar.

2. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Keduanya penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada di dalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yoghurt berikutnya yakni menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan kalium di dalam yoghurt yang dapat membilas kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan meningkatkan tekanan darah, yang banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung garam tinggi.

4. Sehatkan Kulit

Yoghurt membuat kamu memiliki kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lagi musim hujan, kamu dapat mengonsumsi asupan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yoghurt dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena asupan kalsium dalam yoghurt yang dapat membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Namun jangan mengonsumsi yoghurt yang menggunakan banyak perasa. Pilihkan yoghurt plain, apalagi untuk ibu hamil. Cek lagi kandungan yoghurt di kemasan, bila ditambahkan gula, jangan dikonsumsi.

7. Jaga Bagian Intim Wanita

Manfaat yoghurt lainnya yakni menjaga daerah inti wanita. Hal ini karena yoghurt mengandung salah satu bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt yakni bakteri Lactobacillus. Bakteri tersebut, dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim wanita. Bakteri probiotik itu akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur pada bagian intim wanita.

Editor: PARNA
Sumber: wolipop