Iran melancarkan serangan balik kepada Amerika Serikat setelah insiden pembunuhan terhadap jenderal Iran pemimpin pasukan Quds, Qassem Soleiman.

Rabu (8/1) dini hari, pangkalan militer AS di bagian barat Irak diserang menggunakan rudal oleh pasukan Iran.Ada sembilan rudal yang kirimkan oleh pasukan Iran.

Serangan ini merupakan serangan balasan pertama yang dilakukan oleh Iran kepada AS. Belum diketahui apakah ada korban dalam serangan itu.

Dikutip dari CNN, Iran juga mengancam akan menyerang Kota Dubai, Uni Emirat Arab, dan Kota Haifa, Israel. Dalam sebuah siaran telegram yang beredar, serangan di dua negara itu akan dilakukan jika ada penyerangan balik kepada Iran setelah serangan di pangkalan militer AS di Irak.

“Jika tanah Iran dibom, kota Dubai, Uni Emirat Arab, dan Haifa, Israel, akan diserang dalam gelombang operasi ketiga,” tulis pasukan Iran.

Ilustrasi Tentara Iran

Qassem Soleimani terbunuh oleh serangan drone AS di dekat bandara Baghdad Jumat lalu. Kematian Soleimani membuat Iran berkabung dan lautan massa turun ke jalan, di ibu kota Teheran, Qom, Mashad, dan Ahvaz.

Peristiwa itu juga membuat kondisi dunia memanas karena dikhawatirkan konflik terbuka antar dua negara pecah dalam waktu dekat. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Khamenei memastikan akan membalas dendam.

 

Editor: PARNA
Sumber: kumparan