JAKARTA – Paspor Jepang dinobatkan sebagai paspor terkuat di dunia pada tahun ini, mengalahkan Singapura yang berada di posisi ke-dua dan Korea Selatan serta Jerman yang sama-sama berada di posisi ke-tiga.

Ketangguhan paspor Jepang dibuktikan dengan akses bebas visa dan visa kedatangan (visa on-arrival) ke sebanyak 191 negara di dunia.

Sementara, paspor Singapura memiliki akses ke sebanyak 190 negara, dan Korea Selatan serta Jerman ke sebanyak 189 negara.

Sayangnya tahun ini Indonesia hanya naik satu peringkat ke posisi 72, dengan akses bebas visa dan visa on-arrival hanya ke 71 negara.

Indonesia tercatat sempat menempati posisi tertinggi, yakni ke-67 pada tahun 2006.

Daftar tahunan ini dirilis oleh Henley Passport Index. Dalam daftar tahun ini, banyak negara Asia yang berada di posisi sepuluh besar, dengan selingan sejumlah negara Eropa seperti Finlandia dan Spanyol (posisi ke-empat), Luxembourg dan Denmark (posisi ke-lima), serta Swedia dan Prancis (posisi ke-enam).

Kekuatan paspor Amerika Serikat dan Inggris justru melorot ke posisi delapan pada tahun ini, padahal lima tahun yang lalu mereka sempat menempati posisi teratas.

Yang naik peringkat pada tahun ini ialah negara-negara Uni Emirat Arab. Tahun lalu mereka berada di posisi ke-47, dan tahun ini mereka berada di posisi ke-18. Semua itu berkat akses bebas visa dan visa on-arrival ke 171 negara.

Namun, laporan Henley Passport Index mencatat bahwa ada kesenjangan yang semakin besar dalam hal kebebasan bepergian dan mobilitas sejak tahun 2006.

Pemegang paspor Jepang dapat mengakses 165 destinasi lebih banyak daripada pemegang paspor terlemah di dunia, yaitu Afghanistan, yang menawarkan akses bebas dan visa on-arrival hanya ke-26 destinasi.

Henley Passport Index adalah salah satu dari sejumlah daftar yang dibuat oleh perusahaan keuangan yang membuat peringkat paspor suatu negara berdasarkan akses yang pemerintahnya berikan kepada warga negaranya.

Daftar tersebut disusun didasarkan pada data yang disediakan oleh Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) dan mencakup 199 paspor dan 227 negara.

Sementara itu Arton Capital’s Passport Index memiliki daftar paspor terkuat dari 193 negara anggota PBB dan enam wilayah – ROC Taiwan, Makau (SAR China), Hong Kong (SAR China), Kosovo, Wilayah Palestina dan Vatikan. Wilayah yang masuk ke negara lain tidak termasuk.

Daftar yang mereka buat tahun ini menempatkan Uni Emirat Arab di posisi teratas dengan “skor bebas visa” ke-179 negara, diikuti oleh Jerman, Finlandia, Luxembourg dan Spanyol dengan akses yang sama ke-172 negara.

Paspor terkuat dan terlemah di dunia tahun ini versi Henley Passport Index:

Terkuat

1. Jepang (191 negara)
2. Singapura (190)
3. Korea Selatan, Jerman (189)
4. Italia, Finlandia (188)
5. Spanyol, Luxembourg, Denmark (187)
6. Swedia, Prancis (186)
7. Swiss, Portugal, Belanda, Irlandia, Austria (185)
8. Amerika Serikat, Britania Raya, Norwegia, Yunani, Belgia (184)
9. Selandia Baru, Malta, Republik Ceko, Kanada, Australia (183)
10. Slovakia, Lithuania, Hongaria (181)

Terlemah

100. Korea Utara, Sudan (39 negara)
101. Nepal, Wilayah Palestina (38)
102. Libya (37)
103. Yemen (33)
104. Somalia, Pakistan (32)
105. Suriah (29)
106. Irak (28)
107. Afghanistan (26)

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia