Konferensi pers pembunuhan hakim PN Jamaluddin, PTR

Zuraida Hanum tersangka pembunuhan terhadap hakim PN Jamaluddin, di Mapolda Sumatera Utara, Rabu (8/1). Foto: Rahmat Utomo/kumparan

Istri hakim PN Medan Jamaluddin, Zuraida Hanum (41), tega menghabisi nyawa suaminya sendiri karena alasan cinta segitiga. Lebih parahnya lagi, Zuraida membunuh sang suami di hadapan anaknya yang sedang tidur.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin membeberkan cara Zuraida dan 2 eksekutor lain, yakni Jefri Pratama (42) dan Reza Fahlevi (29), membunuh Jamaluddin pada 29 November 2019. Jefri adalah selingkuhan Zuraida, yang awalnya kerap bertemu saat mengantar anak sekolah.

Pembunuhan itu dilakukan di kamar yang ditiduri Jamaluddin bersama Zuraida dan anak mereka, Khanza, yang berumur 7 tahun.

“Di dalam kamar, korban (Jamaluddin) memakai sarung dan tidak memakai baju, dan Khanza sedang tidur. Posisi Zuraida di tengah, di antara Khanza dan korban (Jamaluddin),” ujar Martuani di Polda Sumatera Utara, Kota Medan, Rabu (8/1).

Isteri mendiang hakim di PN Medan

Saat eksekusi berlangsung, Zuraida berbaring di samping kiri Jamaluddin, sedangkan Khanza di samping kiri Zuraida.

Saat Jefri dan Reza membekap Jamaluddin, Zuraida menindih kaki Jamaluddin dengan kedua kakinya. Dia juga menenangkan Khanza yang terbangun untuk tidur kembali.

Setelah Jamaluddin dipastikan tak bernyawa, Jefri dan Reza meninggalkan kamar tersebut. Mereka kembali sekitar pukul 03.00 WIB untuk memakaikan baju seragam olahraga PN Medan ke jasad Jamaluddin. Setelah itu, Jefri dan Reza membuang jasad Jamaluddin dengan mengendarai mobil hakim PN Medan yaitu Toyota Land Cruiser Prado ke arah Berastagi.

Pada saat kejadian, Jumat (29/11/2019) dini hari, rumah tersebut hanya ditinggali oleh Zuraida, Jamaluddin, dan Khanza. Anak pertama dan kedua Jamaluddin dari pernikahan sebelumnya, Kenny Akbari Jamal (23), dan Rajid Fandi Jamal (18), sedang tidak berada di rumah.

Kenny sedang praktik koas kedokteran di RS Pringadi Kota Medan. Dia kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU). Sedang Rajid sedang kuliah di salah satu universitas di Jakarta.

Zuraida Hanum bersama suami, Jamaluddin

Editor: PARNA
Sumber: kumparan