NEUCHATEL – Kylian Mbappe menjadi pemain paling bernilai di dunia saat ini. Striker Paris Saint-Germain itu punya harga pasaran mencapai Rp 4,1 triliun.

CIES Football Observatory, lembaga riset sepakbola asal Swiss, membuat studi soal siapa pesepakbola paling bernilai saat ini. Objek penelitiannya diambil dari lima liga top Eropa, yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Jerman, dan Liga Prancis.

Hasilnya, seperti dilansir Mirror, Mbappe menjadi yang paling bernilai. Pemain 21 tahun itu punya harga pasaran saat ini mencapai 265,2 juta euro atau mencapai Rp 4,1 triliun.

Di usia yang masih muda, Mbappe digadang-gadang sudah menjadi bintang besar. Eks pemain AS Monaco itu sudah melesakkan 105 gol di level klub, dan 13 gol bersama Timnas Prancis–yang dibawanya memenangi Piala Dunia 2018.

Mbappe mengalahkan penyerang Manchester City, Raheem Sterling. Pemain Timnas Inggris itu punya harga pasaran mencapai 223,7 juta euro atau setara Rp 3,4 triliun.

Baca juga: Tim Terbaik FIFA 20: Liverpool Mendominasi, Ronaldo Absen

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, menempati urutan ketiga dengan nilai 175,1 juta euro atau setara Rp 2,7 triliun.

Winger belia Borussia Dortmund, Jadon Sancho, berada di peringkat empat dengan 168,9 juta euro (Rp 2,6 triliun). Posisi lima besar ditutup pemain Liverpool lainnya, Sadio Mane, dengan harga 155,6 juta euro (Rp 2,4 triliun).

Adapun tiga pemain yang dianggap terbaik saat ini; Lionel Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo, mulai tersisih posisinya.

Messi, penyerang Barcelona, berada di urutan ke-8 dengan nilai 125,5 juta euro (Rp 1,9 t). Neymar (PSG) di posisi 19 dengan harga 100,4 juta euro (Rp 1,5 t), dan Ronaldo (Juventus) berada di peringkat ke-49 dengan harga pasarannya mencapai 80,3 juta euro atau Rp 1,2 triliun.

10 Pemain Paling Bernilai Versi CIES

1. Kylian Mbappe (PSG)
2. Raheem Sterling (Man City)
3. Mohamed Salah (Liverpool)
4. Jadon Sancho (Borussia Dortmund)
5. Sadio Mane (Liverpool)
6. Harry Kane ( Tottenham )
7. Marcus Rashford (Man Utd)
8. Lionel Messi (Barcelona)
9. Antoine Griezmann (Barcelona)
10. Lautaro Martinez (Inter Milan)

Editor: PARNA
Sumber: detiksport