JAKARTA – Polri dan KPK akan segera memperkuat kerja sama dengan memperpanjang nota kesepahaman (MoU). Kapolri Jenderal Idham Azis menyebutkan penguatan kerja sama juga dilakukan dengan Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Kita juga akan memperpanjang MoU antara PH (penegak hukum) di mana nanti MoU yang kemarin sejak Maret 2019 sudah berakhir. Kita akan duduk bersama tim dari KPK dari Polri dari Kejaksaan Agung sehingga nanti dalam waktu yang singkat akan kita perbarui,” kata Idham usai menerima kedatangan pimpinan KPK di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

Idham mengatakan koordinasi antara Polri dan KPK tetap diperlukan untuk pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi. Kedua instansi itu juga merencanakan latihan bersama.

“Kita bicarakan masalah latihan bersama, memang itu diamanatkan juga dalam undang-undang kemudian,” katanya.

Hal serupa sebelumnya disampaikan Firli usai pertemuan dengan Kapolri. Ini pertama kali kelima pimpinan KPK mendatangi Polri sejak resmi dilantik.

“Kita akan terus melakukan kerja sama, terutamanya memperbarui kerja sama yang sudah ada, dan kita akan tingkatkan dengan melakukan pendidikan latihan bersama, tidak hanya dan Polri tapi nanti juga kita akan bicara dengan Kejaksaan Agung, BPKP, dan BPK,” kata Firli.

Editor: PARNA
Sumber: detiknews