JAKARTA – PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum jenis bensin jenis Pertamax dan solar jenis Dex di awal 2020.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan penyesuaian harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai Minggu, 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat.

“Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina,” ujar Fajriyah lewat siaran pers, Sabtu (4/1).

Fajriyah menerangkan penyesuaian harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Untuk detail harga BBM dapat dilihat di www.pertamina.com.

Fajriyah menyatakan lewat penyesuaian harga itu pihaknya mengharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat yang sudah menjadi pelanggan setia produk Pertamina. S

Adapun, untuk penyesuaian harga di wilayah Jakarta adalah sebagai berikut:

Pertamax mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 9.850 menjadi Rp 9.200 per liter.

Pertamax Turbo mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 11.200 menjadi Rp 9.900 per liter.

Pertamina Dex mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 11.700 menjadi Rp 10.200 per liter.

Dexlite mengalami penyesuaian dari harga semula Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter.

Sebelumnya, pemain BBM dari luar Indonesia, PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia pun telah menurunkan harga jual BBM di SPBU masing-masing pada awal 2020 ini.

Shell memangkas harga BBM berkisar 7-15 persen. Sementara Total diketahui per 3 Januari 2020 telah memangkas harga jual produk BBM berkisar 7,5-14,4 persen.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia