Memiliki rambut tebal dan berkilau memang dambaan banyak orang. Baik perempuan maupun laki-laki, tampaknya mendambakan untuk memiliki mahkota kepala yang terlihat indah.

Jangan khawatir, kamu enggak perlu beli obat penumbuh rambut yang mahal, kok. Soalnya, beberapa jenis makanan berikut bisa bantu rambutmu tumbuh lebih tebal. Bukan cuma itu, nutrisi alaminya bahkan juga bikin rambut sehat.

Enggak percaya? Makanya, yuk coba konsumsi tujuh makanan yang bantu rambut tumbuh lebih tebal berikut ini:

1. Lidah buaya
Manfaat lidah buaya (FOOD)

Mengutip Medical News Today, banyak orang percaya bahkan sudah membuktikan keampuhan dari manfaat lidah buaya untuk rambut. Enggak heran, kalau lidah buaya kerap jadi bahan utama dalam sampo atau produk perawatan rambut lainnya.

Agar lebih ampuh, kamu juga bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya ke kulit kepala. Lakukan perawatan ini setiap sebelum keramas, dan diamkan 30 menit sebelum dibilas.

2. Stroberi
Stroberi POTRAIT
Buah yang tergolong dalam keluarga beri-berian seperti stroberi, juga bermanfaat dalam menebalkan rambut. Beberapa penelitian dalam jurnal PubMed menemukan, kandungan antioksidan dalam secangkir stroberi (144 gram) dapat memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C tubuh; yang juga digunakan untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan alami rambut.

3. Paprika
Ilustrasi Paprika Kuning
Sama halnya dengan stroberi, paprika juga kaya akan vitamin C. Bahkan mengutip SELF Nutrition Data, paprika kuning menyumbang asupan vitamin C lebih besar 5,5 kali daripada jeruk. Vitamin C tersebut dapat melindungi, menguatkan, serta menumbuhkan rambut.

4. Tiram
ilustrasi kerang
Dalam penelitian jurnal Dermatologic Therapy tahun 2012 mengungkapkan, zinc, seng, dan mineral yang terkandung dalam tiram mendukung penuh pertumbuhan serta perbaikan siklus rambut. Sebab, kekurangan seng dapat menyebabkan telogen effluvium –kerontokan rambut yang disebabkan kekurangan nutrisi dari makanan.

5. Susu
Susu almond (square)
Menurut laporan penelitian Menopause Review, produk susu yang kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan kalsium, dapat mengurangi jumlah rambut rontok yang dialami oleh perempuan menopause. Jadi, enggak ada salahnya rutin minum susu untuk membantu rambut tumbuh lebih tebal.

6. Wortel
wortel
Para ahli percaya, kulit kepala yang sehat bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala sehat adalah vitamin A. Jenis vitamin ini bisa kamu temukan dalam wortel. Vitamin A menghasilkan sebum yang menghasilkan minyak alami di kulit kepala, serta membantu pertumbuhan rambut agar lebih tebal.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun bisa mengurangi jumlah keringat

Minyak satu ini memang memiliki kekuatan super, bahkan ia juga bermanfaat untuk menjadikan rambut tebal. Ini karena minyak zaitun kaya akan omega-3 yang diperlukan untuk kesehatan rambut.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu tinggal mengoleskan saja ke kulit kepala, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan