JAKARTA – Saat makan banyak, sering kali berat badan naik. Namun 5 makanan yang tak akan bikin gemuk ini membuat kamu tak usah khawatir meski memakannya banyak.

Saat Anda sedang diet, ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan tinggi lemak, tinggi garam, dan beragam makanan yang tidak mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Makanan sehat juga jadi makanan yang harus dikonsumsi untuk para pelaku diet.

Di antara makanan sehat tersebut, ada beberapa makanan yang tak akan bikin gemuk. Seperti yang dilansir dari Insider (26/12), 5 makanan ini bisa Anda makan sepuasnya tanpa takut berat badan bertambah. Karena 5 makanan ini mengandung nutrisi baik serta rendah kalori.

Foto: iStock

1. Seledri

Makanan yang tak akan bikin gemuk pertama adalah seledri. Berupa sayuran yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan, seledri akan mengeluarkan aroma harum serta menambahkan cita rasa dari makanan tersebut. Bagian yang biasa digunakan dalam masakan adalah pada batang dan daunnya. Bagian seledri tersebut biasa digunakan untuk menyedapkan sup, soto, serta bubur.

Kandungan yang terdapat pada seledri adalah hampir 95% mengandung air. Selain itu, di dalam seledri juga mengandung kalium, asam folat, serat, dan 30% vitamin K yang sangat berguna untuk tubuh setiap harinya. Seledri juga memiliki jumlah kalori yang rendah yaitu hanya 14 kalori dalam 100 gram.

Selain digunakan untuk bumbu penyedap masakan, seledri juga bisa dikonsumsi dengan cara lain. Sayuran satu ini bisa dimakan secara langsung dalam bentuk utuh. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai campuran untuk minuman smoothies bersama buah atau sayuran lainnya

Foto: iStock

2. Kale

Jadi salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat, kale sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Kale ini juga sangat populer disantap sebagai makanan sehat sepanjang tahun 2019 ini. Banyak pelaku diet yang menggunakan sayuran ini sebagai konsumsi mereka sehari-hari.

Kale memiliki cita rasa yang sedikit pahit, namun kandungan nutrisinya sangat banyak. Seperti sayuran lainnya, kale juga memiliki kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam kale mengandung vitamin A, D, dan K, selain itu ada pula kandungan asam lemak omega-3, dan asam folat. Dalam 100 gram kale mengandung 49,5 kalori.

Kale juga mengandung zat antioksidan yang tinggi seperti lutein dan Beta Karoten. Untuk mengolah sayuran berdaun hijau ini, Anda bisa membuatnya sebagai salad. Bisa juga diolah menjadi tumisan sederhana dengan campuran bawang putih, bawang merah, dan rajangan cabai agar menambah cita rasa dari kale.

Foto: iStock

3. Blueberry

Makanan yang tak akan bikin gemuk selanjutnya terasa asam segar. Blueberry merupakan buah yang satu keluarga dengan jenis buah berry lainnya, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry. Buah ini menjadi salah satu buah yang sudah terbukti akan manfaatnya untuk kesehatan. Blueberry juga banyak digunakan bagi mereka para pelaku diet karena buah ini mengandung kalori yang rendah.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Buah berwarna biru juga populer karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi daripada buah lainnya. Serat yang terkandung di dalam blueberry pun cukup tinggi, setidaknya 14% jumlah serat dalam blueberry akan mengisi nilai harian yang dibutuhkan tubuh.

Blueberry bisa dikonsumsi secara langsung dalam bentuk utuh. Namun ada juga yang membuatnya untuk campuran saat makan oatmeal, yogurt, dan bisa juga jika dibuat sebagai campuran smoothies dengan campuran buah lainnya. Kalori yang terkandung pada 100 gram blueberry adalah 57,4 kalori.

Foto: iStock

4. Timun

Timun merupakan salah satu buah yang juga bisa dikonsumsi sepuasnya karena kandungan kalorinya yang sangat rendah. Dalam 100 gram timun, hanya mengandung 16 kalori. Ini dikarenakan sebagian besar dari timun itu terdiri dari air. Kandungan nutrisi pada timun terdapat biji dan kulitnya.

Kulit dan biji dari timun menyediakan serat serta vitamin A yang membentuk Beta Karoten. Vitamin A pada timun ini sangat baik untuk mata Anda. Selain itu di dalam timun juga mengandung potasium, fisetin, flavonoid, vitamin K, dan cucurbitacins.

Timun banyak digunakan di Indonesia, salah satunya yang paling populer adalah sebagai lalapan. Selain itu timun juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman karena kandungan airnya yang sangat tinggi akan memberikan efek yang menyegarkan untuk tubuh. Namun saat mengonsumsinya perlu diperhatikan agar tidak mengupas kulit dari timun tersebut, karena sebagian besar kandungan nutrisi terdapat pada kulit dan biji timun.

Foto: iStock

5. Tomat

Satu lagimakanan rendah kalori dan tidak akan membuat berat badan bertambah yaitu tomat. Tomat merupakan buah dengan kandungan zat likopen yang tinggi. Kandungan zat likopen tersebut ada pada kulit tomat yang memiliki tekstur halus. Buah berwarna merah dan hijau ini memiliki cita rasa yang asam namun sedikit manis.

Selain kandungan zat likopen yang tinggi, di dalam buah terdapat kandungan karotenoid yang dapat membantu melawan penyakit kronis dan juga memberi warna merah pada buah tomat. Tomat juga kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat.

Dalam 100 gram buah tomat terdapat 18 kalori, jumlah ini terbilang sedikit maka itu tomat dikatakan sebagai makanan yang tidak akan membuat gemuk. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung dengan memakannya utuh atau bisa juga dijadikan sebagai jus tomat. Tomat juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran dalam masakan.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood