JAKARTA – Tahun 2020 sudah tiba. Di tahun ini, dunia smartphone diprediksi bergairah dengan dukungan berbagai teknologi baru. Berikut beberapa tren ponsel cerdas tahun ini seperti dikutip detikINET dari Cnet.

Smartphone 5G Lebih Mainstream

Beberapa negara sudah mengkomersialkan jaringan 5G di 2019, begitupun segelintir smartphone yang mendukungnya. Samsung sudah menjual 2 juta unit smartphone 5G di negaranya, Korea Selatan.

Berbagai kelemahan masih membayangi ponsel 5G tahun silam. Misalnya harganya mahal, jaringannya masih langka dan juga chipnya tidak efisien sehingga cenderung boros baterai.

Nah tahun ini, hampir dapat dipastikan smartphone 5G lebih mainstream, teknologinya makin canggih dan harganya pun menurun. Terutama tentu di negara yang sudah menerapkan 5G seperti China, Korsel, Inggris dan Amerika Serikat.

Vendor semacam Xiaomi, Huawei dan Samsung kemungkinan lebih agresif menggelontorkan ponsel 5G. Download file ukuran besar, video call tanpa cela, grafis game real time mengagumkan sampai Augmented Reality bakal membuat orang terpikat.

Ponsel Layar Lipat Makin Banyak

Beberapa ponsel layar lipat mulai dipasarkan tahun silam, yaitu Samsung Galaxy Fold, Huawei Mate X dan menyusul Motorola Razr Reborn.

Para vendor itu sepertinya masih melakukan tes pasar, apakah ponsel layar lipat diterima konsumen. Harganya pun masih sangat mahal dan teknologinya belum matang, terbukti pemasaran mengalami penundaan.

Namun demikian, ponsel layar lipat diprediksi bakal berkembang di tahun 2020 dengan model kian beragam dan tentu diiringi turunnya harga. Samsung sudah menyiapkan Galaxy Fold generasi baru, Begitu pula LG, Xiaomi sampai TCL sudah mempersiapkan jagoannya.

Kualitas Kamera Makin Dahsyat

Kamera belakangan menjadi sektor utama inovasi vendor smartphone. Tahun 2019, berbagai terobosan dilakukan seperti lensa periskop yang mampu melakukan zoom kualitas bagus.

Kemudian lensa telephoto dan wide angle pun merebak. Maka tak heran jika smartphone kameranya bertambah banyak, malahan Nokia 9 punya lima kamera belakang. Tren lain adalah foto malam hari atau saat gelap makin canggih.

Tahun ini, prosesor baru ponsel bakal mampu mendukung kamera sampai resolusi 200 megapixel. Kemajuan juga akan melanda fotografi telephoto dan wide angle. Lalu, lebih banyak ponsel bakal memakai optical zoom 5x, khususnya di segmen atas.

Layar 120Hz Jadi Massal

Layar 120Hz diprediksi bakal makin jamak digunakan pada tahun 2020 ini. Salah satu yang sudah dirumorkan memakainya adalah Galaxy S11.

Seperti diketahui, semakin tinggi refresh rate, animasi yang ditampilkan akan semakin halus, meski harus ditebus dengan konsumsi daya baterai yang lebih tinggi. Kebanyakan layar ponsel saat ini masih menggunakan layar 60Hz, kecuali sejumlah ponsel seperti ROG Phone 2 (120Hz) dan OnePlus 7 Pro dan Pixel 4 (90Hz).

Editor: PARNA
Sumber: detikinet