JAKARTA – Kepopuleran Suzuki Jimny diprediksi bakal terusik setelah Daihatsu berencana ‘menghidupkan’ kembali Taft. Daihatsu Taft pertama kali diluncurkan pada 1974 dan dihentikan produksinya di Indonesia pada 2007.

Mengutip Indianautosblog, pabrikan bakal memperkenalkan Taft pada Januari 2020 atau bertepatan dengan pameran otomotif Tokyo Auto Salon.

Dari kabar yang beredar, Taft baru menjelma menjadi jip berukuran compact dengan dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.630 mm.

Taft model terbaru masih mengedepankan citra kendaraan jip, melalui bentuk bumper, gril, kekar yang dihiasi lampu depan berukuran besar. Bodinya juga menyajikan desain bodi ‘kotak’.

Pihak Daihatsu belum mengungkap desain interior Taft, namun beredar mobil menggunakan sunroof, serta layar sentuh di dasbor dengan ukuran yang cukup besar.

Dikabarkan bahwa Taft bakal menggendong mesin 660 cc turbo yang dikencani oleh transmisi CVT. Versi produksinya dijadwalkan mulai dijual di Jepang pada pertengahan 2020.

Sebagai informasi Taft merupakan singkatan dari ‘Tough and Almighty Four-wheel Touring’, dan dipercaya model barunya akan menyuguhkan sistem gerak AWD dan pilihan penggerak roda belakang.

Mini jip ini akan memiliki lima pintu, yaitu pada baris pertama, kedua, dan bagian belakang. Terkait ukuran, Taft dan Rocky tak jauh berbeda.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia