Perusahaan induk Google, Alphabet, telah melakukan perombakan besar dalam organisasi kepemimpinannya. CEO Google, Sundar Pichai, kini merangkap jabatan sebagai CEO Alphabet, menggantikan Larry Page yang mundur pada awal Desember 2019.

Alphabet, termasuk Google, adalah raksasa teknologi dunia. Dengan peran rangkap jabatan tersebut, berapa gaji yang akan diterima Sundar Pichai pada 2020 mendatang?

Menurut laporan The Verge, dari dokumen keuangan yang telah dipublikasi, gaji Sundar Pichai akan mengalami kenaikan. CEO Google dan Alphabet itu akan menerima gaji sebesar 2 juta dolar AS per tahun atau sekitar Rp 27,9 miliar pada tahun 2020.

CEO Google Sundar Pichai
Pada tahun lalu, Pichai yang hanya menjabat CEO Google punya penghasilan 1,8 juta dolar AS per tahun atau sekitar Rp 25,1 miliar. Bloomberg juga pernah melaporkan, sebelum itu ia pernah menerima gaji 650 ribu per tahun atau Rp 9 miliar.

Tidak hanya mendapatkan gaji, Pichai juga akan menerima banyak bonus berupa paket saham senilai 240 juta dolar AS atau Rp 3,3 triliun yang akan dibayarkan selama kurung waktu tiga tahun. Bonus paket saham ini tidak diberikan cuma-cuma.

Syarat untuk mendapatkan bonus tersebut adalah Pichai harus bisa membawa perusahaan mencapai target kinerja tertentu dan masa kerja dalam perannya sebagai CEO Alphabet dan Google yang dilaluinya.

Markas Google di Silicon Valley, Dijepret Pakai Samsung Galaxy S10 Plus

Menurut Bloomberg, Pichai masih bisa dapat menghasilkan tambahan 90 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar saham Alphabet yang tertunda terkait dengan Indeks S & P100. Ini adalah pertama kalinya perusahaan memberikan hibah berbasis kinerja.

Selama satu dekade terakhir, Pichai juga sudah mendapatkan bonus saham, termasuk satu untuk 250 juta dolar AS pada 2014 dan sepasang hibah pada tahun-tahun sesudahnya sebesar 300 juta dolar AS, yang telah menempatkan kekayaan bersihnya mendekati 1 miliar dolar AS.

Pichai menerima hibah saham terakhir pada tahun 2016, dan dia menghasilkan begitu banyak uang sehingga dia menolak hibah saham tambahan pada tahun lalu

CEO Google, Sundar Pichai

Meski Pichai adalah salah satu eksekutif perusahaan teknologi dengan bayaran tertinggi, kekayaan bersih Pichai tidak seberapa jika dibandingkan dengan Page dan Brin. Kedua pendiri Google itu memiliki sekitar 6 persen Alphabet dan masing-masing memiliki kekayaan bersih masing-masing sebesar 65 miliar dolar AS dan 63 miliar dolar AS.

Pichai juga tidak akan membuat daftar CEO perusahaan teknologi dengan bayaran tertinggi di AS berubah. Dalam laporan Business Insider, yang menduduki posisi puncak pada 2019 oleh Mark Hurd dari Oracle, yang meninggal Oktober lalu ini, dengan gaji 108,3 juta dolar AS. CEO Microsoft Satya Nadella menghasilkan gaji pokok sebesar 2,3 juta dolar AS, sedikit lebih tinggi dari gaji Pichai.

Sebelum di posisinya saat ini, Pichai telah menjadi CEO Google sejak 2015. Pria asal India itu juga pernah memimpin divisi Android dan Chrome di Google.

Editor: PARNA
Sumber: kumpaaran