JAKARTA – Di saat hampir semua merek Jepang mengalami penurunan penjualan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim peningkatan penjualan sebesar 16% pada November 2019. Menurut data yang diterima detikcom, PT SIS berhasil mencatatkan wholesales (distribusi pabrik ke diler) sebanyak 10.077 unit. Angka itu naik sekitar 16 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 8.721 unit.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaan terhadap Suzuki. Tentu saja kami akan terus berusaha menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta terus melakukan penyempurnaan produk dan layanan purnajual untuk dapat memenuhi harapan dan keinginan masyarakat Indonesia,” ucap 4W Sales Director PT SIS, Makmur.

Menurut PT SIS, kendaraan Suzuki rakitan Indonesia memberi kontribusi terbesar dalam kinerja penjualan, baik sepanjang bulan November maupun selama periode Januari-November. Dari Januari hingga November 2019, produk Suzuki buatan lokal berkontribusi sebesar 87,9% terhadap penjualan nasional Suzuki.

Sementara untuk penjualan November 2019, wholesales New Carry meningkat sebesar 4% dibandingkan bulan sebelumnya dengan total penjualan sebanyak 5.843 unit. Jumlah tersebut menjadikan New Carry sebagai kontributor terbesar terhadap penjualan nasional Suzuki dengan jumlah kontribusi sebesar 57,98%.

Sedangkan di segmen kendaraan penumpang, Ertiga punya kontribusi 25% terhadap wholesales Suzuki pada bulan November 2019. Dibandingkan bulan sebelumnya, wholesales Ertiga meningkat sebesar 62% dengan jumlah penjualan sebanyak 2.568 unit.

Sementara itu, wholesales mobil hatchback andalan Suzuki, Baleno, pada bulan November 2019 juga meningkat sebesar 9% dibandingkan bulan sebelumnya.

“Baleno merupakan salah satu kendaraan unggulan Suzuki yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1996. Baleno kini hadir mengisi segmen hatchback berpenampilan premium dengan sentuhan desain yang elegan dan modern yang berhasil menjadi daya pikat Baleno bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, program penjualan yang menguntungkan pelanggan juga mendorong peningkatan penjualan Baleno pada bulan November,” terang Makmur.

Editor: PARNA
Sumber: detikoto