Duel El Clasico jilid pertama musim ini berakhir antiklimaks. Pertemuan Barcelona dengan Real Madrid pada laga tunda La Liga pekan ke-10 di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB, berakhir dengan skor imbang 0-0.

Atas hasil ini, El Real gagal mengudeta puncak klasemen dari rival abadinya itu. Meski sama-sama mengoleksi 36 poin dengan Blaugrana, Madrid tertahan di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Ernesto Valverde bisa menurunkan nama-nama terbaik di duel El Clasico jilid pertama ini. Dalam skema 4-3-3, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann menjadi trio di lini serang. Ivan Rakitic, Frenkie De Jong, dan Sergi Roberto menopang lini kedua.

Sementara kubu Zinedine Zidane turun dengan trio Toni Kroos, Casemiro, dan Federico Valverde di lini tengah. Mereka bertugas menopang lini belakang dan lini depan yang diisi oleh Karim Benzema, Isco Alarcon, dan Gareth Bale.

Pertandingan berjalan alot di awal laga. Madrid rupanya menerapkan permainan terbuka sehingga Barcelona lebih banyak tertekan sepanjang 20 menit pertama dan sama sekali tak memberi ancaman berarti ke gawang Thibaut Courtois.

Sementara Madrid melepas dua tembakan tepat sasaran di kurun waktu itu. Pertama lewat tendangan Benzema yang ditangkap Marc-Andre Ter Stegen, kemudian sundulan Casemiro yang disapu bek Barcelona di depan mulut gawang.

Baru di sisa 15 menit babak pertama Barcelona mendapat peluang matang. Bola muntah hasil tepisan Courtois disambut Messi dengan sepakan kaki kiri, namun Sergio Ramos dengan heroiknya menghalau bola tepat di depan garis gawang.

Jual beli serangan kian intens di sisa lima menit paruh pertama. Jordi Alba hampir membawa Barcelona unggul di menit 41, tapi sontekannya masih melebar. Sementara sepakan Valverde dari luar kotak di menit 44 kembali dimentahkan oleh Ter Stegen.

El Clasico

 

Babak kedua El Clasico kali ini tak berjalan lebih lancar buat tuan rumah, sedangkan Madrid masih nyaman menguasai jalannya laga. Menit ke-54 Kroos memberi ancaman, tapi sepakannya melebar dari sasaran.

Menilik skema permainannya tak berjalan lancar, Valverde memasukkan Arturo Vidal dan menggeser Roberto ke full-back kanan. Namun tetap saja, perubahan ini tak banyak memberi impak terhadap permainan Barcelona.

Madrid bahkan bisa saja unggul di menit 72 jika gol Bale tak dianulir oleh wasit karena tayangan video assistant referee (VAR) menunjukkan Ferland Mendy yang memberi umpan lebih dulu ada di posisi offside.

Zidane lantas menambah daya gedor dengan memasukkan Luka Modric dan Rodrygo di sisa 15 menit laga. Sementara itu, Barcelona mengganti Griezmann dengan Ansu Fati. Tapi, penyegaran kedua pelatih tak banyak mengubah jalannya laga.

Hanya sepakan melenceng Suarez pada menit 87 sebagai peluang yang benar-benar matang di sisa pertandingan. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya duel El Clasico kali ini, kedudukan imbang tanpa gol tak berubah.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan