Cristiano Ronaldo mewujudkan yang mustahil pada Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Kala itu, Juventus menang 2-1 atas Sampdoria dan Ronaldo mencetak gol kedua untuk I Bianconeri dengan ‘terbang’, selayaknya Superman.

Kenapa dibilang ‘terbang’? Jadi, begini. Untuk menyambut umpan silang Alex Sandro, sang jawara Liga Champions lima kali itu melompat sangat tinggi. Saking tingginya, Ronaldo sampai bisa menjangkau bola yang jarak sebenarnya ialah 2,56 meter.

Tentu, ini bukan kali perdana Ronaldo melakukan aksi fantastis seperti ini. Di Real Madrid, Manchester United, dan Timnas Portugal pun, megabintang kelahiran Madeira, Portugal, ini juga pernah bikin gol sundulan dengan ‘terbang’ setinggi itu.

Pertanyaannya, bagaimana bisa, sih, Ronaldo melakukannya? Pertanyaan ini kemudian terjawab dalam dokumenter Ronaldo berjudul ‘Ronaldo: Tested to The Limit’.

Seperti judulnya, dalam dokumenter tersebut Ronaldo diminta para ilmuwan olahraga untuk melakukan berbagai olah fisik. Dari situ, diketahui bahwa tenaga yang Ronaldo keluarkan saat melakukan tolakan awal itu sudah setara dengan citah.

Selain itu, Ronaldo juga mampu berlari ke jarak 25m hanya dalam 3,61 detik. Sebagai catatan, rata-rata pelari profesional mampu menempuh jarak tersebut dengan waktu 3,64 detik.

Ronaldo bisa memiliki kekuatan sebesar itu bukan hanya dari latihan fisik semata. Karena diet yang ketat, lemak di tubuh Ronaldo bisa 3% lebih sedikit daripada supermodel. Dengan begitu, tubuhnya pun bisa bergerak dengan lebih ringan.

Juventus vs Sassuolo

 

Elemen-elemen tersebut kemudian disempurnakan Ronaldo dengan teknik mumpuni. Ketika melompat, Ronaldo bergerak lurus ke atas dengan kedua tangannya mengayun ke bawah.

Dengan begitu, Ronaldo pun bisa melompat hingga kakinya 78 sentimeter di atas bumi. Sebagai informasi, lompatan rata-rata pemain NBA ialah 71 sentimeter.

Well, itulah sains untuk Anda. Kembali ke Ronaldo. Soal gol spektakuler itu, Ronaldo tak begitu ambil pusing. Yang terpenting baginya ialah dia bisa membantu Juventus menang.

“Saya tak tahu saya bisa ‘terbang’ setinggi itu. Saya bahagia dengan hasil ini karena laga ini begitu sukar. Tetapi, tim menunjukkan sikap yang tepat. Gol saya bagus, dan saya senang bisa membantu tim meraih tiga poin,” ucap Ronaldo ke Sky Sports.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan