JAKARTA – ASI merupakan makan terbaik bagi bayi di enam bulan pertama kehidupan. Selain mudah di serap oleh lambung bayi, ASI mengandung banyak nutrisi, termasuk membawa imun, yang mampu menunjang tumbuh kembang serta kesehatan bayi di awal kehidupannya.

Itu sebabnya, selama masa menyusui ibu membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi agar ASI menjadi berkualitas. Sejumlah makan yang disarankan untuk dikonsumsi selama menyusui ialah karbohidrat kompleks, sumber protein hewani dan nabati, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Almond menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik bagi ibu menyusui karena menawarkan sejumlah manfaat. Almond bisa dipanggang dan dimakan langsung, dinikmati sebagai camilan sehat, atau dikonsumsi dalam bentuk susu almond.

Berikut manfaat mengonsumsi almond mengutip berbagai sumber:

1. Dukung pertumbuhan bayi

Almond merupakan sumber protein dan kalsium. Dibutuhkan bagi tubuh ibu dalam memproduksi ASI yang berkualitas demi menunjang masa pertumbuhan bayi.

Melansir dari Live Science, dalam 1 ounce atau sekitar 23 butir almond bisa memberikan 6 gram protein dan kalsium. mencukupi 8 persen dari angka kebutuhan gizi harian.

2. Bantu pemulihan kondisi ibu

Konsumsi almond juga bermanfaat bagi ibu untuk mempercepat masa pemulihan setelah melahirkan. Almond mengandung nutrisi esensial seperti vitamin E, B2, B3 dan B1. Kacang satu ini juga mengandung mineral penting seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalsium, zat besi dan zinc.

Menambahkan almond dalam menu diet harian juga bisa membantu meningkatkan imunitas bayi. Saat imun ibu kuat, maka bayi juga akan mendapatkannya melalui ASI sehingga lebih kebal terhadap infeksi penyakit.

3. Camilan sehat

Masa-masa menyusui jadi masa intim antara ibu dan bayi. Bahkan sebagian ibu menyusui nyaris tak sempat memasak atau menyiapkan makanan untuk dirinya karena sebagian besar waktu tersita untuk si buah hati.

Tak perlu khawatir, sebab almond bisa dijadikan camilan yang mudah dinikmati sembari menyusui. Almond mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, di samping menjauhkan ibu menyusui dari camilan tidak sehat seperti junk food.

4. Dongkrak produksi ASI

Manfaat almond lainnya yang kian populer di kalangan ibu menyusui ialah dapat mendongkrak produksi ASI. Konsumsi almond dipercaya bisa menjadi suplemen alami untuk meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas ASI.

Agar ASI berlimpah, selain almond ibu juga bisa mengonsumsi daun katuk, biji-bijian seperti flax seed dan fenugreek, wijen, serta sayuran hijau.

5. Baik untuk pencernaan

Menyusui bisa membakar hingga 500 kalori dalam sehari. Itulah mengapa masa menyusui disebut sebagai momen yang tepat untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan. Namun, bila ibu ingin berdiet sebaiknya hanya mengurangi jumlah kalori, namun gizi tetap harus terpenuhi. Misalnya, mengurangi porsi nasi dan menggantinya dengan lebih banyak makan protein dan sayur.

Bila ibu lapar di tengah waktu makan, pilih pula camilan sehat yang kaya gizi namun rendah kalori, seperti kacang almond atau susu almond. Karena berbahan dasar tanaman, susu almond sangat rendah kolesterol dan kalori namun kaya akan nutrisi dan serat.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia