JAKARTA – Jika memiliki masalah wajah berjerawat, Anda perlu perhatian ekstra dalam menanganinya. Konsumsi 5 makanan ini dianjurkan agar wajah bebas jerawat.

Wajah mulus tanpa jerawat adalah idaman semua wanita. Karenanya banyak wanita berjerawat melakukan beragam perawatan untuk menghilangkannya. Sayangnya perawatan kecantikan untuk terbebas dari jerawat terbilang mahal.

Selain melakukan perawatan, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membuat wajah terbebas dari jerawat. Diantaranya anggur, buah berry, jeruk, sayur hijau, dan yogurt.

Dirangkum dari Times of India (10/12), berikut 5 makanan yang perlu dikonsumsi agar wajah Anda terbebas dari jerawat.

Foto: iStock

1. Anggur

Anggur adalah buah dengan rasa manis asam yang menyegarkan. Cita rasanya yang nikmat membuat anggur disukai banyak orang. Namun anggur memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Anggur merah terbilang buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebab anggur kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Bahkan pada zaman dahulu, anggur merah dikonsumsi seseorang agar tidak mudah sakit.

Antioksidan pada anggur merah ini juga dapat membantu mengobati peradangan pada kulit berjerawat. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin. Jika ingin membuatnya jadi jus pun bisa, atau Anda bisa membuatnya sebagai masker yang dapat membuat kulit bersih dan bercahaya.

 

Foto: iStock

 

2. Buah Berry

Buah berry yang terdiri dari stroberi, blueberry, dan lainnya ternyata sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya tubuh melainkan juga untuk kecantikan. Buah berry yang memiliki rasa asam ini mampu atasi jerawat pada wajah.

Buah berry mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Sekaligus efektif menangkal radikal bebas sehingga banyak dipakai untuk mencegah penuaan dini.

Selain itu buah berry juga memiliki vitamin C yang tinggi dan bagus untuk mengurangi kadar kolesterol dan diabetes. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral, buah berry mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Kandungan ini dapat membantu mengatasi beragam masalah kulit. Seperti penuaan dini, jerawat, dan dapat melembabkan kulit.

 

Foto: iStock

 

3. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah dengan vitamin C tinggi. Konsumsinya baik untuk hilangkan jerawat pada wajah. Jenis buah jeruk yang dapat hilangkan jaerawat adalah jeruk nipis dan kulit jeruk.

Jeruk selain tinggi vitamin C juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat bantu redakan pembengkakan dan kemerahan yang disebabkan jerawat. Anda bisa membuatnya sebagai masker agar jerawat hilang.

Untuk membuat masker dengan bahan dasar jeruk nipis, Anda bisa memerasnya dan hasil perasan tersebut dioleskan ke wajah menggunakan kapas. Jika mau gunakan kulit jeruk sebagai masker, kulit jeruk tersebut bisa dibuat menjadi pasta atau campurkan dengan madu dan oleskan ke wajah.

 

Foto: iStock

 

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dipercaya ampuh dalam mengobati beberapa permasalahan pada tubuh. Selain itu sayuran hijau juga dapat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Sayuran hijau ini diantaranya bayam, brokoli, dan lainnya.

Sayuran hijau kaya akan serat tinggi yang baik untuk masalah pencernaan dan kulit. Selain kandungan serat yang tinggi, sayuran hijau juga memiliki asam folat, iron, kalsium, magnesium, dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh dan kulit.

Anda bisa mengonsumsinya secara rutin agar wajah Anda terbebas dari jerawat. Vitamin yang terkandung dalam sayuran hijau adalah vitamin A yang sangat baik dalam menjaga kelembutan kulit. Juga dapat mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

 

Foto: iStock

 

5. Yogurt

Satu lagi makanan yang dapat ampuh menghilangkan jerawat sehingga wajah Anda menjadi mulus dan cantik yaitu yogurt. Yogurt memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit dan tubuh. Pada yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral.

Yogurt terbuat dari susu sapi yang memiliki cita rasa asam dan segar, selain bisa disantap yogurt juga baik untuk dijadikan masker wajah. Ini salah satu cara untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Masker yogurt ini diaplikasikan pada wajah yang sudah bersih.

Asam pada yogurt ini sangat baik untuk mengurangi pori-pori tersumbat yang dapat sebabkan timbulnya jerawat. Namun jangan salah dalam memiliki yogurt, karena yogurt yang baik adalah jenis yang tak memiliki rasa atau Greek yogurt.

 

Editor: PARNA
Sumber: detikfood