JAKARTA – Banyak penelitian yang mengatakan bahwa seafood merupakan makanan yang sehat. Seorang pakar gizi memberikan 5 urutan teratas seafood sehat tersebut.

Pakar gizi bernama Largeman-Roth mengatakan bahwa makan seafood sehat dapat membuat hidup lebih lama dan lebih sehat. American Heart Association merekomendasikan dua porsi ikan berlemak setiap minggunya.

Makanan seafood sehat seperti salmon, tuna albocore, kerang, kepiting dan udang merupakan sumber protein dan DHA omega-3 yang bagus untuk tubuh. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari MSN (08/12) berikut 5 urutan teratas seafood sehat menurut pakar gizi Largeman-Roth.

Foto: iStock

1. Udang

Udang merupakan jenis seafood yang paling mudah untuk diolah menjadi masakan. Selain mudah, memasak udang juga tidak perlu membutuhkan waktu lama. Untuk merebusnya saja hanya membutuhkan waktu selama 2 menit. Makanan seafood sehat ini aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun.

Pakar nutrisi, Largemen-Roth biasanya mengonsumsi makan seafood sehat ini untuk dicampurkan ke dalam taco, salad dan grilled shrimp panzanella. Sebelum diolah menjadi santapan lezat, udang lebih dulu dibersihkan. Ketika membersihkan, Largeman-Roth tetap mempertahankan ekor udang agar makanan seafood sehat ini tetap terlihat cantik dan segar.

Lebih lanjut, Largeman-Roth menyebut bahwa udang merupakan makanan seafood sehat karena di dalamnya banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh. Udang termasuk makanan seafood yang rendah kalori. Dalam 3 ons udang hanya memberi sekitar 84 kalori. Selain itu udang juga memberikan 20 gram protein, mineral besi dan seng dalam jumlah yang tinggi dan 300 miligram omega-3.

Foto: iStock

2. Kepiting

Menyantap seafood jenis kepiting mungkin agak merepotkan. Namun, kepiting merupakan makanan seafood sehat yang pengonsumsiannya disarankan oleh pakar nutrisi. Biasanya kepiting disajikan saat acara-acara tertentu, tetapi kepiting bisa saja dinikmati sepanjang tahun. Makanan seafood sehat jenis kepiting akan memberikan 80 – 100 kalori dalam 3 ons.

Untuk proteinnya, kepiting akan menawarkan 16 – 20 gram protein yang kemudian ditambah dengan nutrisi lainnya. Seperti 350 – 400 miligram asam lemak omega-3. Menurut Largeman-Roth, nutrisi dalam makanan seafood sehat tersebut sering disebut sebagai DHA + EPA. Kepiting dibedakan dengan jenis spesiesnya. Largeman-Roth mengatakan bahwa kepiting alaskan merupakan pilihan yang terbaik.

Dalam 100 gram daging kepiting terdapat kandungan protein sebanyak 13,8 gram, 210 miligram kalsium, 250 miligram fosfor, energi sekitar 151 kalori. Selain juga terdapat vitamin A dan vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh. Agar lebih aman, makanan seafood sehat ini harus dimasak sampai benar-benar matang.

Foto: iStock

3. Tuna Albacore

Makanan seafood sehat yang satu ini sering jadi kegemaran banyak orang. Selain lezat dan sehat ikan tuna juga mudah diolah. Apalagi banyak ikan tuna matang yang dikemas dalam kalengan, sehingga mudah dibawa-bawa dan serbaguna. Hal tersebut juga diakui oleh Largeman-Roth sebagai pakar nutrisi.

Dalam satu kaleng ikan tuna albacore memiliki kandungan 60 kalori yang diisi dengan 13 gram protein. Selain itu ikan tuna merupakan sumber nutrisi asam lemak omega-3 yang sangat baik. Menurutnya ikan tuna dapat dengan mudah dicampur ke salad, sandwich atau pasta.
Pakar nutrisi menyarankan untuk menyantap tuna tidak perlu campuran mayo yang hanya akan menambahkan kalori.

Ikan tuna akan tetap lezat dengan campuran yang menyehatkan seperti minyak zaitun EVOO, capers, peterseli Italia cincang, kacang polong dan pasta orecchiette. Banyaknya nutrisi baik dalam makanan seafood sehat ini membuat jantung menjadi lebih sehat, mengurangi risiko stroke hingga pembukaan darah.

Foto: iStock

4. Kerang

Kerang merupakan makanan seafood sehat yang tidak berubah warna ketika dimasak. Berbeda dengan udang atau kepiting yang akan berubah warna menjadi kemerahan saat dimasak. Menurut pakar nutrisi, agar lebih sehat sebaiknya kerang dimasak dengan kondisi yang tidak terlalu matang. Itu bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sebagai pakai nutrisi, Largeman-Roth menyarankan untuk mengolah kerang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk menggorengnya lebih baik lakukan sekitar 2 – 3 menit untuk setiap sisinya. Baru kemudian kerang dapat dinikmati untuk jadi santapan lezat. Biasanya kerang dijadikan tambahan pada quinoa, pasta gabanzl hingga salad.

Dalam 3 ons kerang terdapat kandungan kalori sebanyak 96. Sementara itu juga diisi dengan 12 gram protein dan 22 miligram kolin. Nutrisi kolin tersebut berfungsi untuk peningkatan fungsi pada otak. Karenanya kerang harus menjadi bagian dalam menu harian anak-anak agar membuat otaknya semakin cerdas.

Foto: iStock

5. Salmon

Sudah bukan rahasia lagi bahwa salmon merupakan makanan seafood sehat. Dengan mengonsumsi salmon dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Itu tentunya karena salmon memiliki banyak nutrisi yang baik. Salah satunya adalah omega-3. Salmon merupakan sumber yang baik bagi nutrisi tersebut.

Dalam 100 gram daging salmon akan memberikan omega-3 sebanyak 2,3 gram. Selain itu kamu juga akan mendapatkan asupan protein, Vitamin B, selenium, potasium, dan lainnya yang akan melindungi tubuh dari berbagai kemungkinan penyakit yang ada. Salah satunya menurunkan risiko penyakit jantung.

Makanan seafood sehat ini juga mudah untuk diolah dan tidak membutuhkan waktu lama ketika memasak ikan sehat ini. Pakar nutrisi menyarankan untuk siram dengan minyak zaitun pada daging salmon, taburi garam di atasnya, kemudian panggang dalam oven selama 20 menit pada suhu 400 F. Largeman-Roth juga merekomendasikan untuk memilih salmon Alaska karena nutrisinya bisa dua kali lipas dari salmon biasa.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood