Pembaca pernah ngerasa ingin melakukan banyak hal tapi gak punya cukup waktu gak sih? Bahkan merasa terheran heran kalau punya kenalan atau teman yang bisa melakukan banyak sekali kegiatan dalam sehari?

“Hah? Kok dia bisa, sih? Kok aku enggak?”

“Gimana ya caranya aku bisa kayak dia? Bisa melakukan banyak hal dalam satu hari gitu? Padahal semua orang waktunya sama. Dalam satu hari ada 24 jam.”

Menanggapi permasalahan yang simple tapi sebenarnya gak simple ini, Zenius akan mencoba untuk membahas tips memanfaatkan waktu secara optimal dalam artikel kumparan kali ini.

Sebenarnya, ada dua masalah yang menyebabkan seseorang tidak bisa memanfaatkan waktu secara optimal yaitu punya kebiasaan menunda dan tidak fokus saat menjalani suatu kegiatan. Apa sih yang sebenernya membuat kita malas, suka menunda, dan gak fokus ? Menurut Zen sih sebenarnya yang menyebabkan semua itu karena kita tidak tahu apa manfaat yang akan kita dapatkan kalau kita mengerjakan semua itu. Kita tidak membuat goal atau tujuan yang sebenernya kita ingin capai.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan waktu secara optimal?

Sebenarnya tugas pembaca yang pertama adalah mencari tahu tujuan yang ingin dicapai. Kalau sudah tahu, berarti tugas berikutnya adalah membuat perencanaan step by step bagaimana supaya hal itu tercapai. Pembaca harus tahu mana yang prioritas mana yang tidak. Nah, setelah pembaca menjalani rencana step by step nya, pembaca harus bersikap disiplin dan konsisten.

Beberapa tips and trick yang pembaca bisa lakukan dalam waktu dekat yaitu:

1. Berani Proaktif. Jangan mau disetir sama lingkungan, sama temen, atau siapa pun. Berani mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak penting sementara pembaca punya hal penting lain yang lebih relevan dengan goal dan obsesi Anda.

2. Menyiasati distraction / gangguan yang memang berpotensi menghilangkan fokus.

3. Membantu stimulus otak agar selalu in the mood.

4. Membuat schedule plan. Kalian bisa menggunakan google calendar, evernote, trello, atau asana untuk membuat schedule plan.

5. Menentukan prioritas dalam schedule. Unpredictable things can be happens anytime and anywhere! Nah, pembaca harus bisa menentukan kegiatan apa yang perlu diprioritaskan dan penting untuk mencapai apa yang bener-bener pembaca inginkan. Misalnya, dari sekian banyak hal yang ingin dikerjakan, pembaca bisa membuat kategori mana yang penting yang sejalan dengan obsesi pembaca dan mana yang tidak sejalan. Pembaca bisa mengeliminasi kegiatan yang sudah tidak sejalan dengan visi jangka panjang.

Nah, begitulah penjabaran dari Zenius bagaimana memanfaatkan waktu secara optimal. Kalian juga bisa melihat video dari CEO dan Co Founder Zenius, Sabda PS mengenai time management . Apabila pembaca ingin membaca full article nya di Zenius blog, pembaca bisa mengunjungi tautan berikut.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan