Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana, berhasil meraih juara runner up ke-2 dalam kategori kostum nasional dalam ajang Miss Supranational 2019, sebuah ajang yang menjadi rangkaian dari Miss Universe, Miss World, dan Miss International. Kabar ini disampaikan oleh Yayasan Puteri Indonesia melalui akun Instagram resmi @officialputeriindonesia.

Dalam ajang Miss Supranational 2019 yang diselenggarakan di Katowice, Polandia pada Sabtu (30/11) ini, Jesica Fitriana mengenakan kostum nasional yang terinspirasi dari budaya suku Batak asal Sumatera Utara. Kostum yang diberi nama The Precious, Boru ni Raja ini merupakan kostum rancangan desainer Jember Fashion Carnaval, Ayu Davira.

Menurut keterangan yang ditulis oleh Yayasan Puteri Indonesia melalui caption, gaun yang dikenakan oleh Jesica ini terinspirasi dari karakter perempuan batak yang tegas, pemberani, pekerja keras, mandiri, dan menjunjung nilai-nilai tinggi kesetiaan. Jesica sendiri tampak sharp sekaligus elegan saat berjalan di atas panggung Miss Supranational 2019.

Kostum The Precious, Boru ni Raja ini bermodel mini dress dengan aksen rok peplum serta kain ulos khas Batak. Uniknya, rok peplum dan aksen ulos tersebut merupakan sebuah ‘kamuflase’ yang bisa berubah menjadi tail.

Saat memperagakan kostum tersebut, sambil berjalan Jesica membuka kaitan atau kancing yang membungkus gaunnya dan memamerkan gaun dengan model one-shoulder yang memiliki detail ulos, payet, dan beragam embellishment bernuansa gold.

Untuk melengkapi penampilannya, perempuan 24 tahun ini juga mengenakan hiasan kepala warna merah dengan aksen patung yang membumbung tinggi ke atas. Patung tersebut juga serupa dengan kepala tongkat yang dibawanya. Sebagai pemanis, Jesica mengenakan mismatched earring bernuansa merah dan gold.

Soal urusan makeup, Jesica pun memilih tampilan sesuai tema kostum. Ia memakai makeup bernuansa bold dengan lipstik merah dan riasan mata smokey eyes untuk memberikan kesan yang tegas dan kuat ala perempuan Batak. Sedangkan rambutnya ditata bergaya ponytail.

Tampilan Jesica ini sontak menuai banyak pujian di media sosial. Salah satunya adalah pujian dari Artika Sari Devi yang dulunya meraih gelar Puteri Indonesia 2004.

“Bangga! Kostum dan eksekusi @jesicafitriana membawakannya 🙌🏼🇮🇩❤️,” tulis Artika Sari Devi dalam kolom komentar.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan