Tahun 2019 akan segera berakhir. Bagi situs web penilai kualitas kamera, DxOMark, sekarang adalah waktu terbaik untuk rekapitulasi sejumlah smartphone keluaran 2019 yang telah mereka ulas kualitas kameranya.

Total ada 31 smartphone yang sudah mereka uji kemampuan kameranya, mulai dari kelas budget hingga flagship. Selama 12 bulan terakhir, mereka sudah melihat sejumlah inovasi penting yang membawa kamera ponsel kini semakin lebih baik dari tahun lalu.

Dari sejumlah smartphone keluaran 2019 yang telah di-review, DxOMark sudah merangkum sejumlah perangkat favorit yang masuk dalam daftar smartphone kamera terbaik selama 2019. Berikut daftarnya!

Kamera Terbaik: Huawei Mate 30 Pro dan Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition

Kedua smartphone ini berada dalam posisi teratas di ranking DxOMark Camera. Huawei Mate 30 Pro dan Xiaomi Mi CC9 Pro disebutnya layak jadi pilihan fotografer yang butuh smartphone dengan kamera berkualitas tinggi.

Huawei Mate 30 Pro hadir dengan kamera utama bersensor 40 MP Quad-Bayer dan bukaan lensa f/1,7. Kamera belakangnya ini ditemani dengan kamera modul tele 3X zoom, kamera ultra-wide dengan sensor yang sangat lebar 1/1.54″ dan lensa 18mm field of view.

Jika Huawei menghadirkan 4 kamera belakang di Mate 30 Pro, maka Xiaomi membawa 5 kamera belakang di Mi CC9 Pro. Kamera utamanya 108 MP Quad-Bayer yang mampu menghasilkan foto berukuran 27 MP. Pendamping kamera utamanya ada kamera ultra-wide 20 MP dengan 16mm field of view, dua lensa tele, serta kamera makro.

Hasil tes kedua kamera smartphone ini sangat bagus di berbagai sektor. Huawei memperoleh skor yang lebih baik karena berhasil meredam tingkat noise pada gambar. Sementara performa kamera Xiaomi berhasil terangkat berkat lensa tele gandanya, yang membuat kualitas gambar tetap terjaga di berbagai tingkat zoom.

Video Terbaik: iPhone 11 Pro Max

Smartphone edisi 2019 sudah mampu menawarkan kemampuan rekam video dalam resolusi tinggi. Namun, yang terbaik pilih DxOMark adalah iPhone 11 Pro Max.

Dengan skor 102, iPhone 11 Pro Max disebutnya dapat merekam video HDR dengan hasil rentang dinamis yang luas. Hasil videonya juga mampu menunjukkan detail bayangan dalam kondisi banyak cahaya.

Selain itu, rekaman iPhone 11 Pro Max juga mampu menyajikan warna yang sedap dipandang. Namun, ada sebagian kecil tidak stabilnya keseimbangan warna putih saat pengguna merekam dalam ruangan.

Detail gambar juga memuaskan, terutama ketika rekamnnya menggunakan mode resolusi 4K dengan tingkat noise berhasil dikontrol dengan baik. Sistem auto fokus di perangkat cukup baik, dengan kemampuan transisi fokus yang sangat mulus dan mampu melacak titik fokus dengan baik. Tak lupa kemampuan menstabilkan gambar sangat membantu pengguna menjaga keseimbangan video.

Zoom Terbaik: Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition

Soal kemampuan zoom, Xiaomi Mi CC9 Pro adalah jawaranya. Sistem zoom yang inovatif dan kompleks membuat perangkat ini diganjar skor 109 oleh DxOMark dalam hal fitur zoom.

Mi CC9 Pro menggunakan dua kamera telephoto dengan fokus yang berbeda. Sistem ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dalam berbagai tingkat zoom.

Dari hasil pengujian DxOMark, smartphone ini disebutnya berhasil mempertahankan detail dengan sangat halus ketika mengambil gambar dengan jarak zoom menengah hingga jauh. Memang masih ada sedikit noise ketika gambar di-zoom, namun hal ini tidak sebanyak kompetitornya.

Lensa Ultra-wide Terbaik: Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G

Jika ingin smartphone yang mampu menghasilkan foto dengan rentang sudut pandang yang luas terbaik, maka Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G adalah jawabannya. DxOMark menilai kamera ultra-wide di smartphone flagship ini dengan skor 42.

Berkat dukungan lensa wide-angle yang area cakupannya sangat luas, Galaxy Note 10 Plus 5G mampu menghasilkan kualitas gambar yang mumpuni, baik di luar ruangan dengan kondisi penuh cahaya maupun di dalam ruangan dengan cahaya minim.

Ada sebagian kecil deformasi gambar di dekat sudut bingkai, namun hal ini umum terjadi pada kamera ultra-wide. Meski begitu, Galaxy Note 10 Plus 5G dapat mengontrol distorsi itu dengan baik.

Pencahayaan pada target foto cukup akurat. Pewarnaan juga dinilai baik dengan warna tidak terlalu pucat. Sistem tingkat warna putih di kamera smartphone ini juga mampu mengolah hasil gambar menjadi lebih baik.

Potret Night Mode Terbaik: Huawei Mate 30 Pro

Terakhir, DxOMark memilih Huawei Mate 30 Pro sebagai smartphone dengan kualitas fotografi malam terbaik. Huawei disebutnya berhasil mengimplementasikan teknologi yang mampu meningkatkan kemampuan kamera dalam menangkap gambar dalam kondisi apapun, termasuk malam hari yang minim cahaya.

DxOMark menilai, kamera night mode di Mate 30 Pro mampu menghasilkan gambar dengan pencahayaan dan saturasi warna yang baik meski dalam kondisi minim cahaya yang ekstrem. Meski minim cahaya, detail hasil potret night mode mampu terjaga dengan baik.

Performa fitur night mode juga bekerja dengan cukup baik dalam pengambilan gambar landscape, dengan noise yang dihasilkan cukup rendah. Meski tim DxOMark merasa ada masalah warna hijau yang tingkatnya terlalu berlebihan, secara keseluruhan Mate 30 Pro tidak dapat terkalahkan dalam hal fotografi malam hari.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan