Beberapa waktu belakangan nama Agnez Mo tengah menjadi sorotan. Bukan karena ia baru saja menelurkan sebuah karya, tapi karena pernyataannya dalam sebuah wawancara dengan media AS.

Dalam wawancara tersebut, Agnez sempat menyebutkan bahwa dirnya tak memiliki darah Indonesia.

“Sebenarnya, aku enggak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia,” ucapnya sebagaimana terdengar dari video yang diunggah ke YouTube pada 22 November lalu tersebut.

Pernyataan tersebut menghebohkan sekaligus menuai berbagai pro dan kontra dari netizen. Meski telah memberikan klarifikasi di media sosial, namun tetap saja banyak netizen yang menuding dirinya bak kacang lupa kulit.

Kini, Agnez Mo kembali buka-bukaan soal pernyataan ‘Darah Indonesia’. Melalui channel YouTube Deddy Corbuzier yang bertajuk ‘AGNEZ MO MENJAWAB INDONESIA – EXCLUSIVE❗️KLARIFIKASI’, ia akhirnya buka suara soal proses wawancara dengan Build Series by Yahoo saat itu.

“Lo itu orang Indonesia bukan sih Nez?” tanya Deddy Corbuzier di awal video call-nya dengan Agnez.

Mendengar itu Agnez Mo pun tertawa. Ia menganggap itu adalah sebuah pertanyaan lucu. Kenapa? karena sampai saat ini pun Agnez merasa tak perlu untuk menutupi bahwa dirinya adalah orang Indonesia.

“Kayaknya semua orang tahu saya orang Indonesia, bahkan orang di Amerika pun tahu saya orang Indonesia. Makanya kenapa setiap diinterview, yang ditanya ‘kamu orang Indonesia, bagaimana di sana?’ karena mereka tahu saya orang Indonesia. Saya enggak pernah menutupi itu, saya selalu memilih untuk kasih tahu saya orang Indonesia,” beber Agnez Mo seperti dilihat kumparan, Jumat (29/11).

Bintang sinetron ‘Pernikahan Dini’ itu pun menegaskan bahwa dirinya memang tak perlu menutupi soal statusnya yang merupakan orang Indonesia.

“Bukan cuma tidak ditutupi aja, Ded, tapi saya selalu memilih untuk ngomong bahwa saya orang Indonesia,” tambahnya.

Deddy kemudian menanyakan soal potongan video yang memuat soal pernyataan Agnez Mo terkait darah Indonesia. Video itu akhirnya menjadi viral dan berujung pada beragam hujatan yang dilayangkan kepada Agnez.

Meski ada yang tak mempermasalahkan pernyataan Agnez–salah satunya Fadjroel Rachman, jubir Presiden Jokowi– namun tak sedikit pula yang memojokkan Agnez karena pernyataannya itu.

Melihat pro dan kontra itu, Agnez pun menganggap banyak yang mendadak menjadi pakar bahasa. Ia secara detail akhirnya menjelaskan kepada Deddy tentang proses interview tersebut.

“Ini kan banyak yang tiba-tiba menjadi pakar bahasa nih. Jadi, jangan cuma bedah kata-kata jadi 30 second dari semua interview yang berlangsung. Pertama konteksnya adalah Kevin yang mewawancarai saya itu, bukan pertama kali wawancara saya. So, beliau sudah tahu bahwa saya orang Indonesia,” kata Agnez.

Deddy Corbuzier di Menara BCA Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (7/11).

Pelantun ‘Coke Bottle’ ini pun memberikan contoh kepada Deddy, “Misalnya lo punya teman, teman lo udah tahu, lo orang Indonesia, enggak perlu lagi kan lo kasih tahu ‘saya orang Indonesia’. Mereka juga, ‘Ya, i know your Indonesia’. Jadi itu ya konteksnya,” lanjutnya.

Agnez pun mengatakan alasan mengapa dalam sesi interview dari menit keempat hingga menit ketujuh, ia dan Kevin asyik membahas tentang Indonesia.

“Logikanya deh…,” kata Agnez.

“Ya, karena dia tahu lo orang Indonesia dan dia ingin tahu banyak soal Indonesia,” timpal Deddy.

“Exactly. Itu udah established kan. Jadi kadang itu yang orang-orang suka lupa. Padahal itu sudah established,” tambahnya.

Deddy Corbuzier pun mengatakan bahwa ia sudah menonton semua video wawancara Agnez dan Kevin dan dia memahami bahwa dalam video tersebut ada perbedaan antara darah Indonesia yang dibicarakan Agnez dan kewarganegaraan.

“Ya, Deddy juga kan pintar bahasa Inggris. Itu kan daily conversation bahwa Indonesia blood bukan darah secara literary, tapi itu adalah garis keturunan. Ini bicara biological. Kalau bicara nasionalis, kalau gue enggak bangga jadi orang Indonesia, kenapa gue bicara tentang Indonesia setiap waktu?” beber Agnez.

Agnez Mo sempat terdiam sesaat dan menghela napas. Sebelum melanjutkan pembicaraan dengan Deddy tentang potongan video yang menimbulkan kontroversi, Agnes mengaku memiliki transkip semua interview dan potongan video yang menjadi viral.

“Lo punya transkipnya? Why?” tanya Deddy.

“The reason… Karena ini sangat personal untukku, Ded. Ini menyakitkan buatku karena ini sangat personal. Apapun yang saya lakukan saat interview di sini… saya enggak perlu bilang saya orang Indonesia, tapi saya memilih untuk kasih tahu,” tandas Agnez dengan nada tercekat.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan